Alasan Masuk Organisasi Kampus untuk Mahasiswa Baru

Ilustrasi Alasan Masuk Organisasi Kampus, Foto Pexels Cottonbro

Bila kalian berhasil menjadi mahasiswa baru di kampus impian kalian, maka selamat kalian telah menggapai salah satu cita-cita kalian. Banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di kampus, salah satunya adalah proses pembelajarannya. Jadi, proses pembelajaran kampus tidak hanya terjadi di dalam kelas, namun juga terjadi di luar kelas. Pembelajaran di luar kelas ini bisa kalian ikuti dengan memasuki beragam organisasi yang ada di kampus kalian. Untuk informasi selengkapnya, berikut macam-macam alasan masuk organisasi kampus sebagai bahan pertimbangan kalian para mahasiswa baru.

Alasan Masuk Organisasi Kampus

Apa yang kalian ketahui tentang organisasi kampus? Bila kalian belum tahu apa-apa, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian organisasi kampus. Mengutip buku Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan oleh Dr. Qudratullah, S.Sos., M.Sos. (2021:142), organisasi merupakan suatu sistem yang saling berkoordinasi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama atau tujuan umum. Bila sistem tersebut terjadi di kampus, maka disebut organisasi kampus. Organisasi kampus juga biasa disebut sebagai organisasi mahasiswa karena anggotanya adalah para mahasiswa.

Ilustrasi Alasan Masuk Organisasi Kampus, Foto Pexels Ivan Samkov

Biasanya pada saat ospek, beragam organisasi mahasiswa akan ditunjukkan agar mahasiswa baru bisa mengenal organisasi-organisasi mahasiswa tersebut. Mungkin sebagian dari kalian masih mempertimbangkan untuk masuk atau tidak. Maka dari itu, simaklah alasan masuk organisasi mahasiswa di bawah ini sebagai bahan pertimbangan kalian:

1. Menambah Relasi

Di organisasi kampus atau mahasiswa, kalian akan menemukan banyak teman dari jurusan, fakultas, serta angkatan yang berbeda. Hal ini bisa menambah jaringan relasi kalian yang berguna untuk masa depan. Bahkan tak jarang para mahasiswa menemukan tambatan hati di organisasi kampus, lho!

2. Melatih Soft Skill

Beragam soft skill akan dilatih di sini, seperti manajemen waktu, kepemimpinan, public speaking, negosiasi, mengorganisir acara, dan lain sebagainya. Soft skill yang penting bagi masa depan kalian ini tidak bisa didapatkan bila kalian belajar di dalam kelas saja.

3. Memperoleh Sertifikat

Organisasi kampus biasanya akan menyelenggarakan beragam acara. Bila kalian ikut acara tersebut, apalagi menjadi panitia, maka kalian berkesempatan untuk memperoleh sertifikat. Sertifikat-sertifikat ini bisa berguna untuk masa depan kalian.

Itulah alasan-alasan masuk organisasi mahasiswa atau kampus. Bila nanti kalian memutuskan untuk masuk organisasi tersebut, jangan lupa akan kewajiban utama kalian yakni belajar, ya. (LOV)

Comments are closed.