Aktor Deddy Mizwar Terpapar COVID-19

Dokumentasi: Pribadi.

Aktor sohor Deddy Mizwar Rabu (7/7) pagi mengumumkan dirinya terpapar virus COVID-19. Pengumuman disampaikan pemeran Naga Bonar itu di WhatsApp Group para artis senior. Spontan semua member WAG memanjatkan doa untuk kesembuhan aktor yang selalu menghibur WAG “Artis Senior” dengan berbagai macam guyonan. Tidak cuma begitu, Deddy paling sering mengirim bahan makanan dan cemilan termasuk durian frozen kepada seluruh anggota WAG selama masa pandemi.

Antigen negatif

Dokumentasi: Pribadi.

“Saya tidak merasakan gejala sama sekali,” kata sutradara sinetron “Para Pencari Tuhan” itu. Menurut ceritanya, ia memeriksakan diri pada hari Selasa bukan karena merasakan suatu gejala. Tetapi, karena ada staf di kantornya dan tetangga di belakang rumahnya yang positif COVID-19.

“Kebetulan dengan mereka itu saya sempat ngobrol,” ungkapnya.

Selasa (6/7) Deddy pun langsung melaksanakan pemeriksaan Swab Antigen dan PCR pada waktu bersamaan. Hasil Swab Antigen, terdeteksi negatif. Sedangkan hasil PCR yang baru keluar pada Rabu pagi menunjukkan hasil positif dengan CT 31.07.

Deddy Mizwar. Foto: Helmi Afandi/kumparan

CT Value (Cycle Threshold) adalah parameter untuk mengukur jumlah siklus dalam PCR untuk mencari genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab. Tetapi nilai (value) CT berbanding terbalik dengan jumlah materi genetik virus. Membacanya begini: semakin besar nilai CT, maka akan semakin sedikit jumlah materi genetik virus pada seorang pasien.

“Sekarang semua keluarga akan diswab PCR hari ini. Kemarin kami sekeluarga sudah Swab Antigen. Hasilnya, semua negatif,” ujarnya.

Deddy memutuskan isolasi mandiri sampai dua minggu di rumahnya. Kawan-kawan artis senior sedih. Tapi, Deddy menjamin, akan tetap melanjutkan kebiasaannya yang baik bagi anggota WAG “Artis Senior”. “Yang penting sering doakan ye,” balasnya.

Miing masih positif

Dokumentasi: Pribadi.

Sementara itu, Deddy Gumelar alias Miing, pentolan group lawak “Bagito” kemarin mengumumkan juga dirinya masih berstatus positif COVID-19 dengan CT yang naik-turun. Miing sudah 15 hari dirawat di Wisma Atlet Kemayoran. Hari kesepuluh hasil pemeriksaannya, terdeteksi masih positif dengan CT 34, sehingga masih harus menjalani perawatan. Hari Senin, ia kembali memeriksakan diri, namun hasilnya masih positif dengan CT 24. “Besok saya rencana swab PCR lagi. Mudah-mudahan hasilnya negatif, sehingga bisa segera pulang ke rumah kumpul dengan keluarga,” harapnya.

Adapun Indro Warkop, sampai hari ini masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Kisah Indro cukup unik. Ia terpapar virus COVID-19 dua pekan silam. Namun, sehari setelah mengisolasi diri ia kembali melakukan swab PCR. Ternyata, hasilnya sudah negatif dengan CT 35.

Dokumentasi: Pribadi.

“Tapi saya tetap melanjutkan isolasi. Nggak berani. Dokter juga menyarankan begitu,” cerita pemeran film “Warkop Reborn” itu. “Entah yang mana yang false, hasil negatif atau yang positif, kita nggak tahu,” sambungnya.

Comments are closed.