Airlangga: Penerima PKH Akan Dapat Bansos Tunai dan Tambahan Beras 10 Kg

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto saat memberikan konferensi pers di Istana Kepresidenana, Jakarta, Rabu (3/2). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Pelaksanaan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali ini telah berlangsung sejak 3 Juli sampai 20 Juli 2021 mendatang. Selama masa tersebut, terdapat sejumlah pengetatan yang mengharuskan masyarakat menurunkan mobilitas.

Kemudian pemerintah telah menetapkan bantuan sosial (bansos) bagi penduduk yang terdampak secara ekonomi dan telah terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Setiap keluarga yang terdaftar akan mendapatkan uang tunai dan juga tambahan beras sebanyak 10 kg.

Rencana ini disampaikan oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/7).

“Terkait jaminan sosial, tadi bapak Presiden sudah mengarahkan bahwa akan ada diberikan bantuan beras kepada penerima PKH dan yang mendapatkan bantuan tunai kepada 20 juta keluarga ini akan dipersiapkan bantuan tambahan beras 10 kg,” kata Airlangga.

Petugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama Kemensos kepada salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020). Foto: Dok. Kemensos

Saat ini, proses penyaluran bantuan sosial tersebut masih sedang dalam tahap persiapan logistik. Untuk itu, Kementerian Sosial tengah bekerja sama dengan Bulog.

“Dan ini dalam proses di Kementerian Sosial dan Bulog. Tentu itu butuh waktu untuk persiapan logistik untuk tambahan bantuan sosial dalam PPKM Darurat maupun pengetatan,” tutupnya.

Comments are closed.