Ada PPKM Darurat, 27 Juta Siswa hingga Guru Dapat Bantuan Pulsa Internet

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan sebanyak 27 juta siswa hingga guru di Indonesia akan mendapatkan bantuan pulsa internet imbas dari PPKM Darurat.

Paket internet yang diberikan ini masuk dalam bantuan sosial yang dananya dinaikkan di masa PPKM Darurat. Sebelumnya, pemerintah juga pernah memberikan bantuan pulsa internet untuk menunjukkan kegiatan belajar di rumah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020.

“Untuk bansos ini, bantuan kuota internet para siswa, mahasiswa, serta tenaga pendidik sebanyak 27,67 juta. Untuk siswa, mahasiswa, tenaga pendidik, guru dosen akan tetap diberikan,” katanya dalam konferensi pers usai Sidang Kabinet Paripurna bersama Presiden Joko Widodo secara daring, Senin (5/7).

Selain bantuan pulsa internet, Sri Mulyani mengatakan bantuan sosial lain yang juga kembali diberikan karena ada PPKM Darurat ini seperti diskon tambahan anggaran yaitu terutama perpanjangan diskon listrik subsidi selama dua bulan atau hingga September 2021. Diskon diberikan ke 32,6 juta pelanggan 450 VA dan 900 VA dengan tambahan alokasi Rp 1,91 triliun.

Kemudian untuk bantuan rekening abonemen listrik juga kita akan perpanjang sampai September. Dananya membutuhkan tambahan Rp 420 miliar.

Untuk pelaksanaan PPKM Darurat juga pemerintah akan membayarkan bantuan produktif ultra mikro 3 juta penerima baru. Ini akan dilakukan antara Juli hingga September yang alokasinya Rp 3,6 triliun. Untuk bansos tunai akan dibayarkan dua bulan untuk 10 juta penerima sehingga akan dibutuhkan Rp 6,1 triliun.

“Tadi disampaikan PKH akan dilakukan percepatan penyaluran pada kuartal II pada Juli. Sehingga akan ada realisasi kuartal II Rp 13,96 triliun untuk 9,9 juta. Kita berharap bisa tercapai target 10 juta. Jadi masih ada 100 ribu target yang bisa ditambahkan,” ujarnya.

Comments are closed.