Ada 106 Titik Penyekatan di Jabar saat PPKM Darurat, Pelanggar Akan Ditindak

Suasana penyekatan di Pos Penyekatan Cimanggung, Jl. Bandung-Garut. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 106 titik penyekatan yang tersebar di berbagai titik di Jabar selama PPKM Darurat yang akan berlangsung hingga tanggal 20 Juli mendatang.

Polisi bakal berjaga di pos penyekatan bersama instansi terkait dari unsur TNI dan aparatur pemerintahan.

“Yang jadi konsen kami adalah mobilitas orang, di Jawa Barat (Jabar) kita siapkan 106 titik penyekatan, dari mulai ring 3, 2, dan 1,” kata dia di sela memantau pos penyekatan di Kota Bandung, Sabtu (3/7).

Dofiri kemudian menjelaskan, bahwa ring 3 merupakan batas antar wilayah seperti di gerbang tol. Para pelaku perjalanan yang tak memenuhi dokumen seperti hasil rapid antigen atau swab serta surat keterangan telah divaksinasi akan diminta untuk memutar balik oleh petugas.

“Harus dilengkapi dengan antigen atau PCR, yang kedua harus dilengkapi dengan surat vaksin meskipun yang pertama itu boleh. Bagi mereka yang tidak punya syarat itu, mohon maaf, akan diputar balik oleh petugas,” ucap dia.

“Kemudian ring 2 dan 1 itu sudah mulai masuk ke arah kota, oleh karena itu mohon maaf kepada masyarakat dalam kota, sementara ini dikurangi nongkrong dan jalan jalan, bahkan ditiadakan sama sekali,” lanjut dia.

Diharapkan, dengan dilakukannya penyekatan warga dapat mengurangi mobilitasnya sehingga PPKM Darurat dapat terlaksana dengan baik. Dia menegaskan, polisi tak akan segan untuk menegakkan hukum bagi warga yang melanggar ketentuan.

“Kita tidak segan-segan untuk menegakkan hukum, tetapi penerapan hukum itu upaya paling terakhir apabila masyarakat membandel, jangan takut, tapi ini harus kesadaran kita bersama untuk mengurangi pandemi,” kata dia.

Dofiri tidak menyebut secara rinci di mana saja 106 titik penyekatan itu.

Sebelumnya diberitakan, terdapat 27 kabupaten dan kota di Jabar yang menerapkan PPKM Darurat dan ada 11 kabupaten dan kota yang masuk ke dalam zona merah sebaran corona. Dengan diberlakukannya PPKM Darurat, mobilitas masyarakat akan dibatasi sedemikian rupa oleh petugas guna mencegah penularan virus.

Comments are closed.