9 Tempat Vaksinasi COVID-19 Tanpa Syarat Domisili di Jawa Tengah

Ilustrasi vaksinasi COVID-19.
Foto: Dado Ruvic/REUTERS

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengumumkan bahwa saat ini masyarakat bisa melakukan vaksinasi COVID-19 tanpa surat keterangan domisili. Ya Moms, hal ini disampaikan dalam Surat Edaran nomor HK.02.02/I/1669/2021 tentang Percepat Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 beberapa waktu lalu. Kebijakan ini juga menjadi langkah perecepatan pemerintah untuk dapat mencapai target vaksinasi 1 juta dosis per harinya.

Ya Moms, kini Anda yang tidak memiliki KTP sesuai domisili boleh mendapatkan vaksinasi COVID-19 di fasilitas kesehatan milik Kemenkes. Selain DKI Jakarta dan Jawa Barat, Anda yang tinggal di Jawa Tengah pun bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Berikut ini adalah daftar fasilitas kesehatan di Jawa Tengah yang melayani vaksinasi tanpa syarat domisili:

Daftar Tempat Vaksinasi COVID-19 Tanpa Syarat Domisili di Jawa Tengah

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat vaksinasi massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/6). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

1. RS Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten

2. RS Jiwa Prof. Dr. Soerojo, Magelang

3. RS Orthopedi Prof. Dr. R. Soeharso, Sukoharjo

4. RS Paru Dr. Ario Wirawan, Salatiga

5. RS Umum Pusat Dr. Kariadi, Semarang

6. Poltekkes Kemenkes Semarang

7. Poltekkes Kemenkes Surakarta

8. KKP II Semarang

9. KKP II Cilacap

Sebelum datang ke tempat vaksinasi COVID-19, coba cek lebih dulu jadwal yang ditetapkan di tiap lokasi. Sebab ada beberapa tempat yang hanya memberikan pelayanan vaksinasi pada hari-hari tertentu saja.

Selain itu, umumnya setiap tempat juga menetapkan kuota atau batasan peserta vaksinasi per hari. Jadi perhatikan beberapa hal tersebut ya, Moms.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Comments are closed.