9 Penumpang Pesawat yang Jatuh di Swedia Dinyatakan Tewas

Petugas kepolisian berjaga di dekat pesawat yang jatuh di Bandara Orebro, Orebro, Swedia Foto: Kantor Berita TT/Jeppe Gustafsson/via REUTERS

Tak ada yang berhasil selamat dari kecelakaan pesawat penerjun payung yang jatuh di luar Orebro, Swedia, pada Kamis (8/7). Polisi mengatakan 9 orang yang menumpangi pesawat itu ditemukan tewas.

“Ini kecelakaan yang sangat parah. Semua orang di dalam pesawat yang jatuh itu telah meninggal,” kata polisi Swedia di situs web mereka, dikutip dari Reuters.

Lebih lanjut, polisi mengatakan pesawat DHC-2 Turbo Beaver itu membawa 8 penerjun payung dan 1 pilot. Pesawat ini jatuh di dekat landasan pacu bandara Orebro tak lama setelah lepas landas dan terbakar setelah jatuh.

Kendati demikian belum ada informasi lebih lanjut tentang penyebab jatuhnya pesawat itu, termasuk dugaan sementara.

Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven pun ikut bersedih atas kejadian ini. Melalui Twitter, ia menyatakan rasa duka dan simpatinya kepada korban serta keluarga mereka.

Petugas kepolisian berjaga di dekat pesawat yang jatuh di Bandara Orebro, Orebro, Swedia Foto: Kantor Berita TT/Jeppe Gustafsson/via REUTERS

“Dengan sangat sedih dan sedih saya menerima informasi tragis tentang kecelakaan pesawat di Orebro,” tulis Lofven.

“Saya ikut berduka atas para korban, keluarga mereka, dan orang-orang terkasih mereka di masa yang sangat sulit ini,” imbuh dia.

Dalam kecelakaan serupa, sembilan orang tewas di Swedia utara pada 2019. Pesawat itu juga membawa penerjun payung dan jatuh tak lama setelah lepas landas.

Hasil investigasi kecelakaan ini menunjukkan pesawat tidak dimuat dengan benar hingga menyebabkan kecelakaan.

Comments are closed.