6 Rekomendasi Hadiah Pelangkah untuk Kakak Perempuan

Rekomendasi Hadiah Pelangkah untuk Kakak Perempuan. Foto: unsplash

Dalam adat Jawa dan berbagai daerah di Indonesia, seorang adik yang menikah terlebih dahulu dan melangkahi kakak perempuannya dipercaya harus memberikan hadiah. Hadiah pelangkah untuk kakak perempuan bisa beraneka ragam, tergantung dari adat dan persetujuan kedua belah pihak yang bersangkutan.

Di beberapa daerah, pemberian hadiah ini wajib dilakukan jika terjadi pernikahan seorang adik melangkahi kakak perempuannya.

Hal ini dilakukan agar pernikahan tetap aman dan terhindar dari masalah. Selain itu, hadiah yang diberikan juga bisa menjadi pelipur lara hati sang kakak dan membuat dia lebih bahagia.

Jika kamu mengalami momen ini, berikut adalah referensi hadiah yang bisa kamu berikan kepada kakak perempuan kamu.

Hadiah Pelangkah untuk Kakak Perempuan

Hadiah pertama yang bisa kamu berikan agar praktis dan tidak ribet adalah uang tunai.

Tanyakan terlebih dahulu kepada kakak kamu, ingin nominal berapa dan bagaimana. Uang tunai dinilai lebih efektif karena kakak kamu bisa membelanjakannya sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi Hadiah Pelangkah untuk Kakak Perempuan. Foto: pexels

Selain uang tunai, kamu juga bisa memberikan hadiah berupa perhiasan emas atau berlian berupa kalung, gelang, cincin, atau anting-anting.

Jumlah dan jenisnya bisa didiskusikan bersama kakak perempuan kamu, ya. Namun ada baiknya jika diberikan kalung atau gelang saja.

Terkadang kakak kamu tidak akan meminta sesuatu yang terlalu mewah dan biasa saja. Kamu bisa memberikan hadiah berupa tas yang simpel dan manis sesuai dengan style berpakaian dan gaya kakak kamu.

Jika kakak kamu adalah seseorang yang menyukai sesuatu yang glamour, kamu bisa memberikan hadiah berupa pouch atau sling bag dengan warna emas dan silver.

Rekomendasi Hadiah Pelangkah untuk Kakak Perempuan. Foto: pexels

Hadiah lainnya yang bisa kamu berikan adalah pakaian, baik pakaian formal maupun pakaian non formal. Sesuaikan dengan style dan warna kesukaan kakak kamu agar lebih berkesan dan selalu dipakai nantinya.

Jika dalam adat Jawa, seorang adik juga disarankan untuk memberikan tumpeng beserta lauk pauknya lengkap kepada kakak perempuan yang dilangkahinya.

Nasinya bukan nasi kuning, melainkan nasi putih biasa. Nasi putih tersebut melambangkan keikhlasan sang kakak untuk dilangkahi oleh adiknya.

Jika kamu bingung memberikan hadiah apa, kamu bisa mencoba memberikan alat makeup yang sedang dia suka atau gemari. Konsultasikan terlebih dahulu alat makeup merek apa yang cocok di wajah kakak kamu. Pastikan kamu selalu berkomunikasi tentang warna, shade, dan jenis alat makeup-nya agar tidak terjadi miss komunikasi.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi hadiah yang bisa diberikan kepada kakak perempuan kamu jika kamu melangkahinya menikah. Semoga bisa membantu, ya!

(AP)

Comments are closed.