6 Pahlawan Kemenangan Inggris atas Jerman di Euro 2020

Selebrasi pemain Inggris Harry Kane saat melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Inggris mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada laga babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (29/6) malam WIB. Ada 6 pemain The Three Lions yang paling berperan atas kemenangan ini.

Gol Inggris dicetak oleh Raheem Sterling (75′) dan Harry Kane (86′). Dengan begini, pasukan Gareth Southgate lolos ke perempat final Euro 2020.

Kemenangan ini berarti besar bagi Inggris. Selain menjaga asa menjuarai Euro 2020, kemenangan ini memutus rantai kegagalan Inggris mengalahkan Jerman dalam dua pertemuan beruntun sebelumnya.

Kemenangan ini berhasil diraih karena kerja tim dan taktik ciamik. Namun, ada 6 pemain Inggris yang paling berkontribusi dalam laga 16 besar Euro 2020 ini. Siapa saja? Silakan disimak.

1) Raheem Sterling

Pemain Inggris, Raheem Sterling. Foto: Pool via REUTERS/Neil Hall

Raheem Sterling mencetak gol penting bagi Inggris. Awalnya, ia melakukan tusukan dengan membawa bola di antara celah pemain Jerman lalu mengoper bola ke Harry Kane, Kane mengoper bola ke Jack Grealish, Grealish mengoper ke Luke Shaw.

Shaw lalu mengirim umpan silang datar, bola disambar dengan tendangan Sterling yang akhirnya membuat Jerman kebobolan. Ini adalah gol ketiganya untuk Inggris di Euro 2020.

2) Harry Kane

Pemain Inggris Harry Kane saat melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: John Sibley/Reuters

Harry Kane akhirnya pecah telur di Euro 2020. Bola hasil sundulan kepalanya yang memanfaatkan umpan silang lambung Jack Grealish sukses mengoyak jala Jerman.

Kane sebelumnya tampil mengecewakan di babak pertama. Ada momen di menit 45+1 saat mendapatkan bola muntah di depan gawang. Belum sempat ditendang, bola berhasil diamankan Hummels dengan tekel.

3) Jack Grealish

Ekspresi pemain Inggris Jack Grealish usai pertandingan melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Jack Grealish baru masuk pada menit 69 untuk menggantikan Bukayo Saka. Winger Aston Villa itu berkontribusi terhadap gol Inggris yang dicetak oleh Raheem Sterling (75′) dan Harry Kane (86′). Ia berkontribusi assist langsung untuk gol Kane.

Pada gol Sterling, Grealish menunjukkan ketenangannya saat menerima bola di area pertahanan Jerman. Ia lalu mengoper bola secara datar ke Luke Shaw, Shaw kemudian mengirim umpan silang datar, bola disambar Sterling jadi gol.

4) Harry Maguire

Pemain Inggris Harry Maguire. Foto: Pool via REUTERS/Carl Recine

Harry Maguire tampil begitu solid di pertahanan Inggris. WhoScored mencatat bahwa dia melepas 2 tembakan (1 akurat), melakukan 1 dribel sukses, memenangi 6 duel udara, membuat 1 tekel sukses beserta 4 sapuan dan 1 intersep.

5) Jordan Pickford

Jordan Pickford saat berseragam Timnas Inggris. Foto: John Sibley/Reuters

Jordan Pickford membuat tiga penyelamatan dalam laga 16 besar Euro 2020 ini. Pertama, ia menangkap bola tembakan jarak jauh Leon Goretzka pada menit 4.

Kedua, Pickford membendung sepakan jarak dekat Timo Werner pada menit 32. Ketiga, kiper Everton itu menepis sepakan first time Kai Havertz di menit 48.

6) Luke Shaw

Manajer Inggris Gareth Southgate berbicara kepada Luke Shaw. Foto: Pool via REUTERS/Neil Hall

Luke Shaw tampil mengesankan di sisi kiri pertahanan Inggris. Saat melakukan overlap pun, bek nomor punggung 3 ini mampu berkontribusi apik.

Hasilnya, Shaw mencetak assist untuk gol Sterling. Ia juga berkontribusi untuk gol Kane dalam proses build up-nya, yakni dengan cara mencuri bola dari kaki Serge Gnabry di tengah lapangan.

***

Comments are closed.