5 Supersub yang Bikin Geger di Babak 16 Besar Euro 2020

Pemain Inggris Jack Grealish memeluk Jordan Pickford usai pertandingan melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Frank Augstein/Reuters

Delapan tim sudah memastikan masing-masing satu tiket di babak perempat final Euro 2020. Banyak hasil mengejutkan yang terjadi di babak 16 besar hingga membuat beberapa tim besar seperti Prancis, Portugal, Belanda, dan Jerman harus angkat koper lebih cepat.

Ada empat pertandingan babak 16 besar terpaksa selesai melalui perpanjangan waktu. Hal itu membuat para tim harus memasukkan pemain pengganti untuk merotasi pemain yang sudah lelah.

Meski hanya tampil sebagai pemain pengganti, ternyata beberapa pemain berhasil menjadi supersub yang jadi pahlawan bagi tim. Lantas, siapa saja pemain tersebut?

Berikut kumparan sajikan lima supersub di babak 16 besar Euro 2020?

Dani Olmo (Spanyol)

Pemain Spanyol Dani Olmo berebut bola dengan pemain Polandia Kamil Jozwiak pada pertandingan lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Julio Munoz/Pool/REUTERS

Spanyol harus bersusah payah untuk menaklukkan Kroasia dengan skor 5-3 hingga perpanjangan waktu. Kemenangan La Furia Roja tidak lepas dari peran penting dari Dani Olmo yang mengirimkan dua assist untuk gol-gol Spanyol.

Pemain 23 tahun itu memberikan assist ke Alvaro Morata pada menit ke-100 dan Mikel Oyarzabal menit ke-103. Meski hanya sebagai pemain pengganti, dua umpan matang Olmo tersebut berhasil membawa Spanyol melenggang ke perempat final Euro 2020.

Mislav Orsic (Kroasia)

Mislav Orsic (depan), penggawa Dinamo Zagreb. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs

Mislav Orsic masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-66 ketika Kroasia sedang tertinggal 1-2 dari Spanyol. Namun, ia mampu mengubah keadaan dengan mencetak gol pada menit ke-85 dan membuat satu assist ke Mario Pasalic di menit 91.

Sayangnya, Orsic dan Kroasia harus kembali tertinggal di babak perpanjangan waktu dan takluk dari Spanyol, 3-5.

Mario Gavranovic (Swiss)

Selebrasi pemain Swiss Mario Gavranovic usai menjebol gawang Prancis pada babak 16 besar Euro 2020 di National Arena Bucharest, Bucharest, Rumania. Foto: Justin Setterfield/Reuters

Swiss secara mengejutkan mengalahkan juara dunia Prancis melalui babak adu penalti usai bermain 3-3 (5-4) hingga babak perpanjangan waktu.

Yann Sommer menjadi pahlawan ketika menahan tendangan Kylian Mbappe di akhir adu penalti. Namun, jangan lupakan peran besar dari Gavranovic yang melesakkan golnya pada menit ke-90 yang memaksa laga lanjut ke perpanjangan waktu.

Pada laga itu, Gavranovic masuk menggantikan Xherdan Shaqiri pada menit ke-73.

Artem Dovbyk (Ukraina)

Selebrasi pemain Ukraina, Artem Dovbyk (kiri), saat melawan Swedia pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Robert Perry/Reuters

Ukraina menaklukkan Swedia dan memastikan satu tiket ke perempat final Euro 2020 dengan skor 2-1. Bermain hingga menit perpanjangan waktu, gol kemenangan Ukraina baru terjadi di menit ke-120 yang dicetak pemain pengganti, Dovbyk.

Jack Grealish (Inggris)

Ekspresi pemain Inggris Jack Grealish usai pertandingan melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Jack Grealish membuktikan kualitas permainannya kala Inggris mengalahkan Jerman 2-0. Masuk di menit ke-69, Grealish bisa mengubah permainan Inggris dengan membuat satu operan kunci dalam golnya Sterling dan satu assist untuk gol Harry Kane.

Penulis: Thontowi Wallace

Comments are closed.