5 Pemain yang Berpotensi Jadi Pembeda di Laga Belgia vs Italia

Pertandingan Belgia vs Rusia di Euro 2020.
Foto: Anton Vaganov/REUTERS

Belgia akan ditantang Italia pada babak perempat final Euro 2020. Kedua kesebelasan bakal bertemu di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Performa Belgia masih sempurna dengan 14 kemenangan dari 14 pertandingan sejak babak kualifikasi, mencetak 48 gol dan cuma kebobolan empat gol.

Di babak 16 besar, juara Grup B ini menaklukkan juara bertahan Portugal 1-0 melalui gol tunggal Thorgan Hazard.

Sementara, Italia juga tak kalah hebat. Penampilan Gli Azzurri juga masih impresif dengan 14 kemenangan dari 14 pertandingan sejak babak kualifikasi, mencetak 46 gol dan cuma kebobolan lima.

Pada babak 16 besar, dengan statusnya sebagai juara Grup A, Italia menjinakkan Austria dengan skor 2-1 lewat extra time. Mereka menang melalui gol-gol Federico Chiesa dan Matteo Pessina.

Jelang laga nanti, terdapat beberapa pemain yang berpotensi menjadi pembeda untuk hasil akhir pada duel nanti. Siapa saja mereka?

Romelu Lukaku

Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo berpelukan dengan Romelu Lukaku dari Belgia usai laga 16 besar Belgia vs Portugal di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: REUTERS/Thanassis Stavrakis

Walau kemungkinan tanpa didukung Kevin De Bruyne atau Eden Hazard yang cedera, sosok Romelu Lukaku akan menjadi batu karang besar yang bisa menjegal langkah Italia.

Lukaku adalah mesin gol yang membawa Inter Milan meraih gelar Liga Italia 2020/21 dengan 24 gol yang diciptakannya. Di pentas Euro 2020, ia telah mencetak tiga gol, semuanya terjadi di fase grup.

Ciro Immobile

Aksi pemain Italia, Ciro Immobile saat berlaga melawan Austria di Euro 2020. Foto: Andy Rain/Reuters

Ciro Immobile adalah pemain lokal asal Italia yang paling tajam pada musim lalu di Liga Italia dengan torehan 20 gol. Adapun, pada musim 2019/20, striker Lazio itu berhasil mencatatkan 36 gol.

Immobile pun menjadi andalan di lini depan Italia di Euro 2020. Pemain 31 tahun itu telah mencetak dua gol di fase grup.

Jorginho

Jorginho merayakan gol ke gawang Yunani. Foto: Alberto Lingria

Jorginho tampil apik bersama Chelsea pada musim lalu. Dia mencatatkan delapan gol dan dua assist dari 43 penampilan di semua kompetisi dan membantu The Blues meraih trofi Liga Champions.

Penampilan apik Jorginho pun juga berlanjut kala membela Timnas Italia di Euro 2020. Dia membawa Gli Azzurri lolos ke babak perempat final. Sang gelandang selalu tampil dalam empat laga Italia.

Leonardo Spinazzola

Leonardo Spinazzola melakukan tendangan ke gawang Austria dalam laga Euro 2020. Foto: Andy Rain/Reuters

Spinazzola telah mencuri perhatian pencinta sepak bola berkat performanya di sisi kiri pertahanan Italia dalam ajang Euro 2020 ini. Bek AS Roma itu tercatat telah mengemas satu assist.

Berkat penampilan impresifnya, Spinazzola tercatat sudah dua kali menjadi pemain terbaik di lapangan buat Italia di Euro 2020.

Thorgan Hazard

Pemain Belgia Thorgan Hazard melakukan selebrasi saat melawan Portugal. Foto: Thanassis Stavrakis/Reuters

Thorgan Hazard menjadi pahlawan kemenangan Belgia saat melawan Portugal lewat gol tunggalnya. Di pentas Euro 2020, ia sudah membuat dua gol. Karena itu, sang pemain bisa menjadi ancaman nyata bagi Italia.

Thorgan mampu bermain di posisi yang tidak biasa dimainkannya bersama klub. Di Euro 2020 ini, ia lebih banyak bermain sebagai wing back kiri. Padahal, di Dortmund, saudara kandung Eden Hazard itu lebih banyak bermain sebagai penyerang sayap kiri maupun kanan.

****

Comments are closed.