5 Pemain Termahal Dunia di Atas 34 Tahun, Messi Ungguli Ronaldo

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo menyapa Lionel Messi dari FC Barcelona sebelum pertandingan Liga Champhions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, (8/12). Foto: Albert Gea/REUTERS

Di usia 34 tahun, beberapa pemain sepak bola kerap mulai mengalami penurunan kualitas dari sebelumnya. Hal itu dikarenakan kondisi tubuh yang sudah tidak prima dan harus bermain dengan kecepatan sepak bola modern.

Namun, ada beberapa pemain yang terus tampil di level teratas meskipun sudah melewati usia 34 tahun. Berkat kualitasnya, para pemain ini masih memiliki harga yang tinggi untuk membeli jasanya. Siapa saja pemain tersebut?

Dilansir Sportskeeda, berikut kumparanBOLA sajikan lima pemain termahal di atas 34 tahun. Silakan disimak.

Keylor Navas – 34 Tahun (Rp 206 miliar)

Keylor Navas dalam pertandingan melawan Real Madrid. Foto: GABRIEL BOUYS / AFP

Kiper Paris Saint-Germain ini menjadi salah satu kiper terbaik dalam generasinya. Namanya mencuat usai tampil gemilang di Piala Dunia 2014 bersama Kosta Rika sebelum akhirnya dipinang Real Madrid.

Saat ini, nilai sang kiper seharga 10,3 poundsterling (sekitar Rp 206 miliar) dan harga yang wajar untuk kontribusi besarnya di bawah mistar gawang.

Luis Suarez – 34 Tahun (Rp 260 miliar)

Luis Suarez di Atletico Madrid. Foto: Javier Barbancho/REUTERS

Luis Suarez memiliki karier yang luar biasa, memenangkan enam gelar liga domestik dan satu penghargaan Liga Champions UEFA. Ia sempat bermain untuk Ajax, Liverpool, dan Barcelona sebelum akhirnya Atletico Madrid.

Meski usianya tidak muda lagi, Suarez masih menunjukkan sebagai striker yang haus gol. Musim lalu, ia menjadi aktor utama bagi Atletico menjuarai Liga Spanyol. Hal itu membuatnya memiliki harga 13 juta poundsterling (sekitar Rp 260 miliar).

Manuel Neuer – 35 Tahun (Rp 311 miliar)

Manuel Neuer Bayern Munich beraksi saat melawan Lokomotiv Moscow. Foto: MAXIM SHEMETOV/REUTERS/Pool

Manuel Neuer menjadi salah satu kiper tersukses dalam satu dekade ke belakang. Ia telah mendapatkan semua trofi mulai dari Piala Dunia, Liga Champion, hingga Liga Jerman. Menjadi andalan bagi Jerman dan Bayern Muenchen membuat Neuer memiliki harga mencapai 15,5 juta poundsterling (sekitar Rp 311 miliar).

Cristiano Ronaldo – 36 Tahun (Rp 774 miliar)

Pemain depan Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol tendangan penalti kedua pada pertandingan sepak bola Grup F UEFA EURO 2020. Foto: Bernadett Szabo / POOL / AFP

Cristiano Ronaldo bisa dibilang merupakan salah satu pemain terhebat di dunia sepanjang masa. Lantaran, kariernya bersama Manchester United, Real Madrid, Juventus, hingga Portugal telah berbuah segelintir trofi mentereng.

Baru-baru ini, ia memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di dunia dan pencetak gol internasional terbanyak. Atas prestasinya itu, di usia 36 tahun Ronaldo masih bernilai 38,7 juta poundsterling (sekitar Rp 774 miliar).

Lionel Messi – 34 Tahun (Rp 1,3 triliun)

Pemain Argentina Lionel Messi merayakan gol pertama mereka, di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Senin (14/6). Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Berbicara Ronaldo, tidak lazim untuk melupakan Messi. Untuk soal harga, Lionel Messi masih mencapai nilai teratas dengan 68,8 juta poundsterling (sekitar 1,3 triliun). Legenda Barcelona ini memiliki prestasi klub dan individu yang mentereng hingga membuatnya jadi pemain termahal di atas 34 tahun.

Saat ini, ia belum perpanjang kontrak dengan Barcelona sehingga statusnya adalah free agent.

Penulis: Thontowi Wallace

Comments are closed.