5 Pemain Spanyol yang Tampil Apik saat Taklukkan Swiss

Selebrasi pemain Spanyol setelah pemain Swiss Denis Zakaria mencetak gol bunuh diri pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/Reuters

Spanyol akan melanjutkan perjalanan ke semifinal Euro 2020. Hasil ini didapat setelah La Furia Roja memetik kemenangan atas Swiss pada Jumat (2/7) malam WIB.

Gol bunuh diri Denis Zakaria pada menit ke-8 membuka keunggulan Spanyol. Sementara Swiss baru bisa menyamakan kedudukan melalui sepakan Xherdan Shaqiri di menit 68′.

Laga berlangsung sengit hingga pemenang harus ditentukan dengan adu penalti. Spanyol keluar sebagai pemenangan dengan skor 1-1 (1-3) dan menghentikan langkah Swiss di Euro 2020.

Lantas, siapa saja pemain Spanyol yang tampil apik dalam kemenangan tersebut? Berikut ini kumparan sajikan daftarnya. silakan disimak.

5. Sergio Busquets

Pemain Swiss Xherdan Shaqiri berebut bola dengan pemain Spanyol Sergio Busquets pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Maxim Shemetov/Reuters

Sergio Busquets mengawal lini tengah Spanyol dengan baik. Distribusi bola darinya berhasil mendominasi Swiss di lapangan dan terus menekan.

Busquets menciptakan 114 operan dalam laga, yang di antaranya menjadi 12 umpan panjang dengan akurasi 89%. Ia juga solid dengan memenangi seluruh lima duel darat dan lima dari sembilan duel udara.

Gelandang 32 tahun itu juga cukup solid dalam bertahan dengan mencatat tiga intersep dan dua tekel sukses.

4. Dani Olmo

Pemain Spanyol Dani Olmo berebut bola dengan pemain Polandia Kamil Jozwiak pada pertandingan lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Julio Munoz/Pool/REUTERS

Keputusan Luis Enrique untuk menarik Pablo Sarabia dan memasukkan Dani Olmo adalah hal yang tepat. Pasalnya, Spanyol jadi lebih sering menembus pertahanan Swiss.

Pemain 23 tahun itu memang sering kehilangan bola. Kendati demikian, ia cukup merepotkan dengan enam tendangannya yang empat di antaranya menuju gawang.

Bukan hanya itu, ia juga kerap melepaskan umpan-umpan menakutkan yang mengancam lini belakang Swiss. Olmo juga berhasil mengeksekusi bola ke gawang di babak adu penalti.

3. Pedri

Ekspresi pemain Spanyol Pedri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Stuart Franklin/Reuters

Pemain muda Barcelona ini tampil cukup apik sebagai gelandang sayap. Kerja samanya dengan Jordi Alba di sisi kiri menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Swiss.

Pedri bertahan sama baiknya dengan menyerang. Ia beberapa kali menghentikan percobaan-percobaan Swiss yang dibangun lewat skema serangan balik.

Pedri hampir bermain penuh. Ia baru digantikan semenit sebelum adu penalti berlangsung.

2. Jordi Alba

Selebrasi pemain Spanyol Jordi Alba saat adu penalti melawan Swiss pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Maxim Shemetov/Reuters

Gol pembuka Spanyol memang datang dari aksi bunuh diri gelandang Swiss. Kendati demikian, sebagian besar hal tersebut terjadi karena sepakan keras Jordi Alba dari luar kotak penalti.

Alba berkali-kali berhasil mengoyak sisi pertahanan Swiss. Ia mencatatkan 104 operan yang menjadi 10 umpan dan empat umpan kunci dengan akurasi 93%.

1. Unai Simon

Pemain Spanyol Unai Simon dan Mikel Oyarzabal merayakan kemenangan usai adu penalti saat melawan Swiss pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Kirill Kudryavtsev/Reuters

Unai Simon bisa dibilang menjadi pahlawan Spanyol dalam kemenangan kali ini. Ia memang tak mampu menyelamatkan satu dari dua tendangan Swiss yang menuju ke gawang.

Akan tetapi, ia punya mental yang lebih kuat saat adu penalti. kiper 24 tahun tersebut berhasil menepis tendangan Fabian Schar dan Manuel Akanji.

Dua penyelamatan penting itu telah membawa Spanyol melaju ke babak semifinal Euro 2020.

****

Comments are closed.