5 Pemain dengan Rating Tertinggi saat Ukraina Tekuk Swedia di Euro 2020

Pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko mencetak gol ke gawang Swedia saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Andy Buchanan/Reuters

Ukraina berhasil membungkam Swedia pada babak 16 besar Euro 2020. Tampil di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB, mereka menang dengan skor tipis 2-1.

Gol Swedia di laga ini dicatatkan oleh Emil Forsberg (43′). Sedangkan Ukraina mencetak gol via Olaksandr Zinchenko (28′) dan Artem Dovbyk (120+2′).

Hasil ini bikin Ukraina lolos ke perempat final untuk menghadapi Inggris. Sementara itu, pupus sudah harapan Swedia untuk berbuat banyak di kompetisi ini.

Pemain Swedia Dejan Kulusevski duel dengan pemain Ukraina Taras Stepanenko saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Lee Smith/Reuters

Lantas, siapa saja pemain yang memiliki rating terbaik di laga Swedia kontra Ukraina di dini hari tadi?

Oleksandr Zinchenko

Selebrasi pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko saat melawan Swedia saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Robert Perry/Reuters

Status pemain terbaik Ukraina di laga ini layak diberikan kepada Zinchenko. Bek saya menjadi momok bagi Swedia lewat pergerakan dengan dan tanpa bolanya. Ia juga berhasil mencetak satu gol dan satu assist.

Sepanjang laga, Zinchenko berhasil mengemas empat tekel, empat clearance, dan 119 sentuhan. Berkat performa gemilangnya, pemain berusia 24 tahun itu pun mendapat rating sebesar 8,95.

Emil Forsberg

Aksi pemain Swedia, Emil Forsberg di laga Swedia vs Slowakia di Euro 2020. Foto: Kirill Kudryavtsev/REUTERS

Ditugaskan sebagai playmaker, Forsberg tampil keren buat Ukraina di laga ini. Ia diberikan nilai sebesar 8,01. Pergerakannya sepanjang laga turut membuat bek Swedia kewalahan. Alhasil, ia berhasil mencetak satu gol.

Selain itu, Forsberg mencatatkan dua operan kunci, 90 sentuhan, dan tiga kali sukses melakukan dribel di pertandingan tersebut. Pemain RB Leipzig itu juga mengemas 6 tembakan yang dua di antaranya mengenai mistar.

Illia Zabarnyi

Pemain timnas Jerman Timo Werner berebut bola dengan pemain timnas Ukraina Illia Zabarnyi pada pertandingan UEFA Nations League di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman. Foto: Annegret Hilse/REUTERS

Penampilan yang patut diacungi jempol dari Zabarnyi di laga ini meski timnya kebobolan satu gol. Ia berhasil menjadi tembok kokoh pertahanan Ukraina. Para penyerang Swedia dibuat mati kutu olehnya.

Sepanjang laga, Zabarnyi mengemas dua tekel, tiga intersep, dan empat kali clearance. Ia pun memenangi dua kali duel di udara dan mencatat 125 sentuhan.

Andriy Yarmolenko

Pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko. Foto: Pool via REUTERS/John Thys

Andriy Yarmolenko menunjukkan performa yang matang di sisi kanan serangan Ukraina. Winger 31 tahun itu mendapat nilai bagus di laga ini, yakni 7,13. Ia tercatat memenangi satu kali duel di udara dan mencatat 43 sentuhan.

Yarmolenko juga mengemas satu assist dari tiga operan kunci yang dilepasnya. Pemain West Ham itu pun tercatat melakukan satu dribel sukses dan tiga kali dilanggar oleh lawan.

Albin Ekdal

Gelandang Swedia, Albin Ekdal. Foto: Reuters/Dylan Martinez

Selama di atas lapangan Albin Ekdal aktif berkontribusi untuk membantu serangan Kroasia. Ia melepas dua operan kunci. Gelandang Sampdoria itu pun diberikan ponten 6,91.

Ekdal juga memenangi tiga kali duel di udara. Dengan catatan 85 sentuhan, sang pemain mencatat akurasi operan mencapai 89,9 persen. Ia pun membuat satu tekel dan satu intersep.

****

Comments are closed.