5 Pemain Brasil yang Tampil Gemilang saat Tumbangkan Chile

Selebrasi Timnas Brasil usai mencetak gol pada laga Brasil vs Chile di Copa America 2021 Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Brasil menumbangkan Chile di babak perempat final Copa America 2021. Bermain di Estadio Olimpico Nilton Santos, Rio de Janeiro, Sabtu (3/7/2021) pagi WIB, ‘Tim Samba’ menang dengan skor tipis 1-0. Drama VAR dan kartu merah mewarnai laga ini.

Gol semata wayang Brasil di laga ini dicatatkan oleh Lucas Paqueta di menit ke-46. Mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-49 karena Gabriel Jesus diganjar kartu merah oleh wasit. Ia melakukan pelanggaran keras kepada pemain Chile.

Chile sejatinya berhasil mencetak gol via Eduardo Vargas di menit ke-62. Namun, wasit menganulirnya karena offside dan sempat meninjau VAR.

Duel Eduardo Vargas dan Fred pada laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Hasil ini membuat Brasil melaju ke babak semifinal Copa America 2021 dan bakal melawan Peru. Sementara itu, pupus sudah harapan Chile berbuat banyak di ajang ini.

Lantas, siapa saja yang tampil gemilang saat membawa Brasil menang atas Chile? Berikut kumparan rangkum daftarnya di bawah ini.

Ederson Moraes

Kiper Manchester City, Ederson Moraes. Foto: Reuters/Jason Cairnduff

Brasil bermain dengan 10 orang sejak menit ke-49 karena Gabriel Jesus diganjar kartu merah oleh wasit. Ketimpangan jumlah tersebut membuat Chile lebih mudah untuk menggempur Brasil. Untungnya, ada Ederson di bawah mistar gawang.

Menurut catatan Sofascore, Ederson berhasil mengemas lima kali penyelamatan untuk Brasil di laga ini. Hebatnya, empat di antaranya dilakukan di dalam kotak penalti. Pemain berusia 27 tahun itu pun layak menjadi pemain terbaik di laga ini.

Lucas Paqueta

Tendangan Lucas Paqueta yang berbuah gol pada laga Brasil vs Chile di Copa America 2021 Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Paqueta menjadi supersub bagi Brasil. Satu menit setelah dimasukkan pada babak kedua, ia berhasil memecahkan kebuntuan tim samba berkat golnya. Pergerakannya yang sulit dibaca menjadi momok tersendiri bagi lini pertahanan Chile.

Sepanjang laga, Paqueta berhasil mengemas dua kali dribel sukses dan memenangi dua kali duel di udara. Selain itu, ia juga mampu mencatatkan satu clearence dan 25 sentuhan.

Danilo Luiz

Erick Pulgar mengambil tendangan bebas dalam laga Brasil vs Chile di Copa America 2021 Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Penampilan yang patut diacungi jempol dari Danilo di laga ini. Ia berhasil menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Bek Juventus ini membuat gawang Brasil tidak kebobolan.

Danilo sukses mengemas satu tekel, dua clearence, dan empat intersep. Ia juga mampu menorehkan 63 sentuhan dan satu tembakan tepat sasaran.

Richarlison

Tendangan Richalison pada laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Selama di atas lapangan Richarlison aktif berkontribusi untuk membantu serangan Brasil. Pergerakan dengan atau tanpa bolanya kerap merepotkan lini pertahanan Chile. Penyerang Everton itu mencatatkan tiga kali dribel sukses.

Richarlison juga menorehkan satu operan kunci dan 40 sentuhan. Ia pun menjadi salah satu pemain yang paling sering dilanggar lawan di laga ini dengan torehan 4 kali.

Neymar

Ekspresi pemain Brasil, Neymar pada laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Neymar tercatat sebagai pemain paling aktif menciptakan peluang untuk Brasil. Ia mencatatkan tiga operan kunci. Sayangnya, penyerang Paris Saint-Germain itu gagal mencetak gol di laga ini.

Neymar menorehkan enam dribel sukses dan melepaskan satu tembakan tepat sasaran. Ia pun mencatatkan 82 sentuhan dan empat kali dilanggar oleh lawan.

****

Comments are closed.