5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui Foto: Shutter Stock

Sebagai ibu menyusui, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Ya Moms, apa pun yang Anda makan, nutrisinya juga akan diserap bayi lewat ASI yang ia minum. Asupan yang bergizi juga dapat meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan Anda. Salah satunya adalah makan buah plum, Moms.

Buah plum bisa memberikan energi dan nutrisi yang cukup bagi ibu menyusui. Anda juga bisa mengolah buah plum menjadi jus segar. Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa ibu menyusui rasakan dari mengonsumsi buah plum. Apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya, Moms.

Khasiat Buah Plum untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock/BlackRoader

1. Obat sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam buah plum dapat membantu mencegah atau mengobati masalah sembelit selama menyusui, Moms. Konsumsi buah plum dapat bertindak sebagai pencahar dan melancarkan buang air besar. Makan buah plum juga dapat mencegah wasir akibat sembelit.

2. Mengatur fungsi kandung kemih

Mengutip Mom Junction, sembelit akibat kekurangan serat dapat memengaruhi fungsi normal kandung kemih ibu menyusui. Sehingga, akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal tersebut akan membuat kandung kemih terlalu aktif dan membuat Anda beser. Buah plum ini bisa mencegah sembelit dan juga meningkatkan fungsi normal kandung kemih Anda saat menyusui.

3. Meningkatkan impuls saraf

Plum kaya akan mineral potasium atau kalium. Kandungan ini adalah elektrolit vital yang penting untuk transmisi impuls saraf, agar bisa melakukan berbagai fungsi tubuh. Sehingga, konsumsi buah plum saat menyusui bisa meningkatkan kesehatan sistem saraf Anda dan meningkatkan beberapa fungsi tubuh.

5 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock

4. Mengatur berat badan

Anda dapat mengatur berat badan dengan mengonsumsi buah plum kering atau jus buah plum saat menyusui. Sebab mengonsumsi buah plum, dapat membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Kemudian, buah plum juga dapat menekan rasa lapar dan mengatur penambahan berat badan. Apalagi buah plum mengandung jumlah lemak yang sangat rendah, yang dapat mencegah kenaikan berat badan pada ibu menyusui yang harus banyak makan.

5. Mencegah anemia

Buah plum adalah sumber zat besi yang sangat baik. Sehingga dapat membantu Anda meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh dan membantu meningkatkan jumlah hemoglobin. Mengutip National Heart, Lung, and Blood Institute, jumlah hemoglobin yang baik, dapat mencegah risiko efek anemia seperti kelelahan, sesak napas, dan lekas marah.

Comments are closed.