5 Manfaat Ajaib Cuka Apel untuk Tanaman Hias

Ilustrasi Menyemprot Tanaman Foto: Shutter Stock

Ladies, tahukah Anda bahwa cuka apel memiliki manfaat untuk tanaman? Kebanyakan orang mengetahui bahwa cuka apel hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dapur atau perawatan kecantikan saja. Padahal faktanya, cuka apel juga memberikan manfaat lain untuk tanaman hias.

Mengutip Balcony Garden Web, cuka apel mengandung 5% konsentrasi asam yang baik untuk menyuburkan tanaman. Kandungan ini konon sangat bermanfaat bagi tanaman-tanaman yang menyukai kadar asam; seperti azalea, gardenia, hingga rhododendron.

Selain bisa menyuburkan tanaman, rupanya ada manfaat lain yang didapatkan dari cuka apel. Apa saja? Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Mengubah pH tanah

Ilustrasi Tanaman Lidah Mertua Foto: Shutter Stock

Manfaat cuka apel yang pertama adalah mengubah pH tanah menjadi lebih asam. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk tanaman-tanaman yang menyukai kadar asam; seperti azalea, camellia, hingga gardenia.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan ½ hingga 1 cangkir cuka apel dengan 1 galon air. Setelah itu, tuang ke dalam wadah atau botol semprotan tanaman. Jika sudah, siram tanaman dengan larutan tersebut.

2. Membersihkan daun tanaman

Ilustrasi Membersihkan Daun Foto: Shutter Stock

Jika jarang dibersihkan, daun tanaman hias biasanya akan menumpuk kotoran dan debu. Sayangnya, kotoran-kotoran pada daun tanaman ini bisa memengaruhi fotosintesis dan pertumbuhannya. Karena itu, Anda pun disarankan untuk rutin membersihkan daun tanaman.

Salah satu cara untuk membersihkan daun tanaman adalah dengan menggunakan larutan cuka apel. Caranya, campur 1 sdt cuka apel dengan 1 galon air. Setelah tercampur, celupkan kain ke dalam larutan ini dan oleskan secara lembut pada area daun.

3. Menyingkirkan hama

Ilustrasi semut. Foto: Shutter Stock

Cuka apel efektif melawan hama seperti siput yang menempel di tanaman. Jika Anda menyemprotkan larutan cuka apel pada hama tersebut, dijamin akan langsung musnah.

Selain efektif menyingkirkan siput, rupanya cuka apel juga bisa digunakan untuk membasmi semut. Caranya, campurkan 1 cangkir cuka apel dengan 1 galon air. Campur hingga merata, setelah itu semprotkan larutan tersebut di area yang kerap disinggahi semut. Konon, larutan ini bisa mengusir semut secara instan.

4. Membersihkan pot tanah liat

Ilustrasi tanaman Foto: Pixabay

Pot tanah liat yang jarang dibersihkan biasanya akan muncul noda-noda putih. Noda putih ini merupakan akumulasi kalsium, garam, dan bahan kimia dari air. Meski tidak beracun atau berbahaya, namun residu putih ini harus segera dibersihkan karena pot yang kotor bisa menjadi tempat berkembang biak bagi hama dan jamur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan pot tanah liat menggunakan cuka apel. Caranya, gosok semua kotoran yang menempel pada pot setelah itu rendam dalam larutan cuka apel, dengan komposisi 4 gelas air, 1 cangkir cuka apel, dan 1 sdt cairan pencuci piring. Rendam pot dalam larutan tersebut minimal satu jam. Setelah itu, keluarkan pot dan gosok secara perlahan dengan kain lembap. Jika prosesnya sudah selesai, jangan lupa bilas dengan air biasa dan tunggu hingga kering maka pot pun akan bersih seperti baru.

5. Membersihkan alat kebun yang sudah berkarat

Seiring berjalannya waktu, alat berkebun dengan bahan logam biasanya akan berkarat. Karat ini terbentuk karena oksidasi besi oleh oksigen dan kelembapan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan cuka apel. Caranya, semprotkan cuka apel secara langsung ke area peralatan yang berkarat dan bersihkan dengan kain bersih. Selain cara tadi, Anda juga bisa mencelupkan peralatan berkebun ke dalam cangkir atau ember berisi cuka apel selama satu hari.

Comments are closed.