5 Kebiasaan Sepele yang Dapat Menurunkan Imun Tubuh

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menurunkan Imun Tubuh. Foto: Shutter Stock

Ladies, tidak terasa sudah setahun berlalu Indonesia mengalami pandemi berkepanjangan karena virus COVID-19. Akibatnya, kehidupan yang sebelumnya normal seperti tidak memakai masker atau bisa berkumpul bersama, akan sulit untuk dirasakan kembali.

Terlebih, penularan COVID-19 yang cukup cepat juga menjadi penyebab mengapa virus ini semakin berkembang di Indonesia. Nah, sebenarnya ada hal- hal simpel yang bisa kamu lakukan untuk memerangi virus ini agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Salah satu caranya dengan meningkatkan imunitas yang ada di dalam tubuh. Misalnya dengan mengkonsumsi vitamin atau rutin berolahraga di selang-selang kesibukkan. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang justru tidak mengikuti anjuran yang berlaku.

Bahkan tidak sedikit yang menyepelekan imunnya dengan tidak menjalankan kebiasaan hidup sehat. Padahal kondisi atau kebiasan sehari-hari yang kadang kita anggap biasa dan sepele dapat menyebabkan imun tubuh menurun.

Nah, Ladies, penasaran seperti apa kebiasaan yang justru memicu imun menjadi lebih turun. Mengutip Eat This, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya informasinya untuk kamu!

1. Menggigit kuku

Ilustrasi Mengigit Kuku. Foto: Shutterstock/BLACKDAY

Seseorang yang memiliki hobi menggigit kukunya merupakan sosok yang dipenuhi dengan perasaan anxiety dan stres yang berlebih loh, Ladies. Pasalnya, ia tidak bisa tenang ketika mendengar sesuatu yang membuatnya cemas. Sehingga, satu-satunya cara untuk bisa mengatasinya yakni dengan menggigit kuku.

Kondisi tersebut yang biasanya disebut dengan stres kronis yang berdampak pada gangguan sistem kekebalan tubuh. Karena stres yang berlebih itu, kekebalan tubuh menjadi terganggu dan kamu mudah untuk menerima virus dari luar tubuh.

2. Jam tidur yang berkurang

Ilustrasi jam tidur kurang. Foto: Shutterstock

Seperti yang diketahui, tubuh membutuhkan tidur yang cukup agar dapat berfugsi sempurna. Apabila kamu terus-menerus tidur dalam jangka waktu yang sedikit, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami penyakit yang lebih kronis.

Selain itu, tidur yang tidak cukup bisa memicu kamu mendapatkan penyakit seperti jantung, stroke dan lainnya. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh yang kamu miliki akan semakin berkurang. Lebih parahnya lagi, apabila kamu terinfeksi Covid-19 dengan memiliki penyakit bawaan seperti jantung, penanganan untuk kesembuhannya pun semakin sulit.

3. Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi

com-Ilustrasi bau mulut Foto: Shutterstock

Virus Covid-19 memang berkaitan erat dengan sistem pernapasan manusia. Oleh karena itu, agar terhindar dari paparan virus tersebut, kamu juga harus menjaga kesehatan mulut dengan sebaik mungkin, salah satunya dengan rajin menyikat gigi.

Banyak yang tidak tahu bahwa jarang menyikat gigi bisa menyebabkan imun tubuh berkurang. Hal ini disebabkan karena sisa-sisa makanan yang adai di gusi gigi, sehingga timbul reaksi inflamasi di dalamnya. Ini berarti, reaksi inflamasi akan bekerja lembur dan lama-kelamaan sistem kekebalan tubuh menjadi berkurang.

4. Sering bersendawa karena masalah pencernaan

Ilustrasi Sendawa. Foto: Shutterstock

Bagi sebagian orang yang memiliki penyakit maag atau pencernaan, bersendawa merupakan hal yang sering dialami. Terlebih ketika asam lambung mulai meningkat tinggi, sendawa adalah salah satu tanda atau pengingat bagi orang maag bahwa tubuhnya tidak baik-baik saja.

Oleh karena itu, risiko kekebalan tubuh seseorang semakin menurun apabila ia memiliki penyakit tambahan. Maag adalah salah satu penyakit yang sistem kekebalan tubuhnya mudah untuk berkurang. Oleh karena itu, ketika kamu sudah terus-menerus mengalami sendawa, pastikan untuk melakukan kegiatan lain yang bisa meningkatkan imun ya, Ladies!

5. Berdiam diri di satu ruangan saja

Ilustrasi perempuan berdiam diri di satu ruangan saja. Foto: dok. Unsplash

Di masa pandemi ini, segala sesuatu memang dilakukan di dalam rumah saja. Namun, bukan berarti kamu harus terus-menyerah berada di dalam kamar saja. Pasalnya, sirkulasi udara yang ada di kamar lama-kelamaan menjadi tidak sehat.

Maka dari itu, dianjurkan agar masyarakat tetap bersikap produktif. Salah satunya dengan mengganti seprai kamar, berolahraga kecil di dalam rumah, atau bahkan berjemur di pagi hari. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih kebal dan imun semakin bertambah.

Penulis: Johanna Aprillia

Comments are closed.