5 Jus Sehat untuk Memperlambat Penuaan, Coba Buah Delima sampai Rumput Gandum

Ilustrasi Jus Buah. Foto: Shutterstock/KieferPix

Banyak orang mungkin sudah mengetahui bahwa jus sehat berasal dari campuran buah-buahan hingga sayuran. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa jenis jus selain memiliki rasa yang lezat, ternyata juga dapat membantu memperlambat penuaan?

Mengutip Eat This, jus memang bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Terlebih, jika kamu adalah seseorang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, maka jus adalah pilihan minuman sehat nan praktis yang patut untuk dipertimbangkan.

Namun, dalam hal ini beberapa jenis jus ternyata juga menawarkan manfaat untuk memperlambat penuaan. Khususnya, jus alami tanpa tambahan pemanis atau bahan pengawet lainnya.

Nah, penasaran jus apa saja yang memiliki manfaat anti-aging atau penuaan? Yuk, simak informasinya di bawah:

1. Jus delima

Buah delima. Foto: Azalia Amadea/ kumparan

Buah delima dengan kandungan antioksidan, seperti polifenol memiliki berbagai manfaat. Sebut saja melawan kanker, mengurangi peradangan dan lain penyakit lainnya. Selain itu, jus buah ini juga memiliki manfaat bagi sel-sel penuaan dalam tubuh seseorang.

Ini karena, delima mengandung molekul yang nantinya bisa diubah oleh mikrobioma usus menjadi urolithin A. Adapun, senyawa tersebut berfungsi menjaga mitokondria yang pada akhirnya dapat berdampak pada sel-sel dan kekuatan otot kamu.

2. Jus wortel

Ilustrasi jus wortel Foto: Shutter Stock

Wortel terkenal dengan kandung antioksidan, seperti lutein yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan otak. Selain itu, menurut studi yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention tahun 2004, antioksidan lain dalam wortel, yaitu beta karoten dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki yang lebih muda.

3. Jus buah bit

Ilustrasi jus buah bit. Foto: Shutterstock

Menurut studi dari Redox Biology tahun 2021, mereka yang minum jus bit dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan pembuluh darah.

Lebih lanjut, berbagai manfaat tersebut didapatkan dari bit yang dimasak ataupun jus buah mentah. Akan tetapi, menurut Journal of Human Hypertension tahun 2016, jus bit ditemukan memiliki dampak yang lebih besar ketika dimasak.

4. Jus jeruk Bali

Ilustrasi buah jeruk bali merah. Foto: Nedim Bajramovic/Shutterstock

Jus jeruk Bali memiliki senyawa yang disebut likopen. Menurut studi yang diterbitkan dalam Food Science & Nutrition tahun 2019 menunjukkan bahwa likopen memiliki efek “peremajaan” kulit peserta paruh baya.

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition tahun 2000, juga mengungkapkan bahwa likopen dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Jus rumput gandum atau wheatgrass

Ilustrasi jus wheatgrass atau rumput gandum. Foto: Copyright (c) 2021 Pixel-Shot/Shutterstock.

Jus rumput gandum atau wheatgrass dinilai memiliki rasa yang tidak terlalu enak dibandingkan jus lainnya di atas. Akan tetapi, minuman ini menawarkan manfaat dan sifat anti-penuaan yang dimilikinya begitu tinggi bagi tubuh seseorang.

Ini karena, rumput gandum mengandung vitamin C dan E, serta flavonoid yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit seiring bertambahnya usia. Selain itu, wheatgrass yang juga mengandung klorofil, memiliki sifat antioksidan dan kemampuan kemoprotektif; yang berguna untuk menghindari efek samping setelah kemoterapi.

Penulis: Riad Nur Hikmah

Comments are closed.