5 Ciri-ciri Pria Manipulatif yang Harus Dihindari, Bikin Hubungan Tak Sehat

Ilustrasi pasangan tak harmonis. Foto: Shutterstock

Ladies, seringkali ketika menjalin suatu hubungan, beberapa orang selalu dibutakan oleh yang namanya cinta. Bahkan tidak sedikit perempuan zaman sekarang yang menormalisasikan sikap buruk pria hanya karena atas nama perasaan

Sehingga pada akhirnya, banyak perempuan yang justru dimanipulasi oleh sikap yang ditunjukkan pasangannya. Padahal, sikap manipulatif yang ditunjukkan oleh pria hanya akan membawa dampak negatif ke dalam hubungan

“Manipulator dengan sengaja menciptakan ketidakseimbangan kekuasaan dan memanfaatkan pasangannya,” ungkap Preston Ni M.S.B.A, seorang psikolog yang mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi Foothill College, California.

Untuk bisa terhindar dari lelaki manipulatif, tentu kamu harus mengetahui lebih dahulu ciri-cirinya. Nah, supaya kamu bisa mengetahui lebih jauh lagi, kumparanWOMAN telah merangkum ciri-cirinya seperti yang dikutip dari Bustle.

1. Kamu akan dibuat lemah

Ilustrasi menjalin hubungan dengan bad boy. Foto: Shutterstock

Ciri-ciri orang yang manipulatif yakni membuat orang lain merasa tidak berdaya dan lemah. Sehingga, ketika melakukan kesalahan, korbannya akan merasa sangat bersalah dan menjadi tidak percaya diri dengan kemampuannya.

Hal ini sering terjadi di dalam sebuah hubungan, tak sedikit perempuan yang takut ditinggal pasangannya. Akibatnya, ia menjadi lemah dan tidak masalah melakukan apa pun agar pasangannya tidak meninggalkannya.

Apabila sudah seperti ini, hati-hati, Ladies! Itu adalah tanda bahwa kamu sudah dikontrol oleh pasangan dan sulit untuk bisa melepaskannya.

2. Tidak menghargai saran yang diberikan

Ilustrasi pasangan saling mengkritik. Foto: Shutterstock

Hubungan yang sehat adalah pasangan yang saling berbagi saran atau masukan satu sama lainnya.Tidak hanya berbagi saran, namun pasangan juga harus menerimanya dengan baik. Hal tersebut dilakukan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ketika kamu menjalin hubungan dengan lelaki manipulatif, besar kemungkinan saran yang kamu berikan tidak akan dihargai. Merasa bahwa saran yang kamu berikan tidak pernah digubris, kamu pun menjadi pendiam dan memilih untuk tidak berkontribusi apa-apa.

Pada akhirnya, pasangan kamu lah yang akan mendominasi, sehingga jangan harap adanya hubungan timbal balik di dalamnya.

3. Membuat kamu selalu merasa tidak nyaman

Ilustrasi perempuan tak bahagia dalam hubungan. Foto: Shutterstock

Kenyamanan adalah hal yang penting di dalam suatu hubungan. Ketika kamu tidak menemukan itu di dalam pasanganmu, bisa jadi kamu terjebak dengan laki-laki yang manipulatif.

Coba untuk melakukan kilas balik dan mencermati segala sikap yang ditunjukkan oleh pasangan. Mungkinkah ia sering melakukan hal yang membuat kamu tidak nyaman? Misalnya dengan terlalu mendominasi, membuat kamu merasa bersalah, memojokkan, dan sebagainya.

Apabila iya, maka kamu perlu untuk pelan-pelan melepaskan diri dari lelaki seperti itu. Jika dirasa sulit, pikirkanlah bahwa kamu juga perlu merasa bahagia seperti yang lainnya.

4. Tidak memberikan kepercayaan penuh kepada kamu

Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock

Meskipun kamu sudah menjadi sepasang kekasih, bukan berarti pasanganmu harus melewati batas privasinya. Misalnya saja dari hal kecil seperti selalu mengecek ponselmu atau melarang kamu bertemu dengan temanmu. Walaupun demikian, kamu akan tetap menormalisasikan hal tersebut karena merasa bahwa hal tersebut adalah bentuk cintanya. Padahal hal itu adalah salah satu cara agar ia bisa mengontrol kamu. Dengan begitu, ia memiliki kekuasaan dan selalu membuat kamu akan terus menaatinya.

Penulis: Johanna Aprillia

Comments are closed.