5 Cara untuk Move On Lebih Cepat dari Hubungan Gashlighting

Cara untuk Move On Lebih Cepat dari Hubungan Gashlighting. Foto: Freepik

Terjebak dalam hubungan dengan pasangan yang melakukan gaslighting bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Perilaku menguasai atau mengontrol pasangan dengan manipulasi yang membuat kita menjadi tidak berdaya bukanlah hal yang sepele.

Psikolog dan Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) spesialisasi pelatihan dan pengembangan diri, Gita Aulia Nurani, M.Psi., mengatakan bahwa gaslighting yang dilakukan dalam kurun waktu lama bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental.

Gaslighting yang terjadi secara berkelanjutan berdampak pada penurunan rasa percaya diri atau harga diri hingga depresi. Pada tahap awal, korban bisa merasa tidak percaya lagi pada kemampuannya dan menjadi tergantung pada segala perkataan pelaku,” pungkasnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan langkah-langkah tertentu agar kita bisa move on dengan lebih mudah setelah terjebak dengan pasangan gaslighting. Kepada kumparanWOMAN, Gita Aulia Nurani, M.Psi. berbagi mengenai cara yang bisa dilakukan. Kira-kira apa saja? Simak penuturan lengkapnya berikut ini.

1. Memutus semua kontak dengan mantan pasangan

Memutus semua kontak dengan mantan pasangan. Foto: shutterstock

Hal utama yang harus dilakukan adalah memutus segala macam kontak dengan mantan pasangan yang melakukan gaslighting. Mulai dari kontak handphone, media sosial, dan sebisa mungkin hindari melakukan kontak langsung. Dengan begitu, kalian tak akan bisa melihat aktivitas masing-masing. Sehingga tidak ada risiko bagi mantan untuk memanipulasi kamu lagi dan kamu juga lebih mudah melakukan proses move on.

2. Memilih lingkungan yang memberikan dampak positif

Memilih lingkungan yang memberikan dampak positif. Foto: Shutterstock

Selanjutnya, pastikan kamu memilih lingkungan yang bisa memberikan dampak positif. Kehadiran orang orang terdekat seperti sahabat dan keluarga akan sangat dibutuhkan dalam proses move on. Mereka tak hanya akan menemani, tapi juga bisa mengembalikan rasa percaya diri serta membantu membuat kamu berpikiran lebih positif.

3. Berusaha tetap produktif

Ilustrasi Perempuan Produktif. Foto: Shutterstock

Hal lain yang bisa membantu kamu cepat move on adalah melakukan kegiatan produktif. Kamu bisa mulai melakukan kembali hobi yang selama ini tertunda atau justru mencoba hal baru. Cara ini bisa membantu kamu untuk tidak terus-menerus memikirkan kejadian masa lalu dengan mantan.

“Usahakan tidak berada pada kondisi sepi dalam waktu lama. Kamu bisa olahraga, melakukan kegiatan kreatif, bergabung dengan komunitas atau grup tertentu,” jelas Gita.

4. Konsultasi dengan psikolog untuk mengatasi trauma

Konsultasi dengan psikolog untuk mengatasi trauma. Foto: Shutterstock

Gaslighting tidak boleh diremehkan. Jika terjadi dalam waktu yang lama, kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan mental. Oleh karena itu, Ladies juga bisa menyelesaikan trauma pasca putus dengan menghilangkan pikiran negatif, atau hal toxic lain yang muncul akibat gaslighting pasangan.

“Kamu bisa berkonsultasi pada ahli seperti psikolog. Konsultasi pada ahli akan membuat proses penyelesaian awal menjadi tuntas sehingga meminimalisir potensi kambuh,” tutur Gita.

5. Menentukan goals baru dalam hidup

Ilustrasi menulis goals. Foto: Shutter Stock

Tahap berikutnya, jika memang sudah lebih kuat dan percaya diri, kamu bisa membuat goals atau tujuan yang baru dalam hidup. “Buat rencana pribadi yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai. Buat perencanaan secara konkret hingga tahu apa yang harus dilakukan dan pikiran menjadi sibuk untuk pengembangan diri,” pungkasnya.

Comments are closed.