5 Berita Populer: Peneliti Sinovac Bio Farma Wafat; CEO Pelanggar PPKM Tersangka

Dr. Novilia Sjafri Bachtiar, dr., M.Kes. Foto: Bio Farma

Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Rabu (7/7). Mulai dari peneliti vaksin Sinovac di Bio Farma wafat hingga CEO pelanggar PPKM Darurat jadi tersangka.

Bagi Anda yang tak sempat mengikuti informasi terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer di antaranya. Berikut daftarnya:

Peneliti Sinovac Bio Farma Wafat

Kepala Divisi Surveilans dan Riset Klinis Bio Farma Dr Novilia Sjafri Bachtiar dr MKes. Foto: Dok pri/Antara

Kepala Divisi Surveilans dan Uji Klinis Bio Farma, Dr dr Novilia Sjafri Bachtiar, MKes, meninggal dunia pada Rabu (7/7) di RS Santosa, Kota Bandung, Jabar.

Sebagai Kepala Divisi Surveilans dan Uji Klinis Bio Farma, almarhumah juga mengetuai tim uji klinis vaksin corona Sinovac dari Bio Farma.

CEO Pelanggar PPKM Darurat Jadi Tersangka

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyidak gedung-gedung perkantoran di Jakarta bersama Kepolisian, Satpol PP dan Disnaker. Foto: Instagram/@aniesbaswedan

Polda Metro Jaya mengumumkan hasil penyelidikan kasus perusahaan pelanggar PPKM Darurat. Penyidik menetapkan 3 tersangka dari dua perusahaan yang diperiksa yaitu Loan Market Indonesia bagian dari Ray White dan PT Dana Purna Investama. Di antara mereka menjabat sebagai dirut hingga CEO.

Kedua perusahaan itu mengizinkan karyawannya bekerja dari kantor meski bukan usaha di bidang esensial maupun kritikal. Sehari sebelumnya, dua perusahaan tersebut sempat disidak Gubernur DKI Anies Baswedan.

Warga Habis Rp 40 Juta Buat Helikopter dari Besi Tua

Usman Jalil (65) putra Jambi yang berhasil merakit dan membuat helikopter dari bahan bekas dan mesin sepeda motor metik. Foto: ANTARA/nanang mairiadi

Kisah Usman Jalil membuat helikopter bak drama televisi. Pada satu sisi orang melihat helikopter buatan Usman dari rongsokan atau besi tua, sebagai prestasi dan kreativitas. Hal itulah yang membuatnya didukung eks Gubernur Jambi, Hasan Basri, yang kini jadi anggota DPR.

Tapi pada sisi lain, istri dan anaknya melihat itu sebagai pemborosan. Kreasi warga Kecamatan Suban, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi itu, telah menghabiskan dana Rp 40 juta. Tak heran jika istri dan anak Usman mengomel, karena buat keluarga mereka uang sebesar itu tentulah sangat berharga.

Penampakan Virus Corona Varian Delta Terkuak

Penampakan varian Corona Delta terungkap. Foto: Dok. Jason Roberts/VIDRL – Doherty Institute, 2021

Setelah setengah tahun lebih semenjak pertama kali terdeteksi pada akhir 2020 lalu, wujud varian Delta akhirnya berhasil didapatkan seorang peneliti asal Australia.

Penelitian corona terus dilakukan para ahli untuk lebih dapat mengenali karakteristik dari virus Delta. Sehingga langkah mengurangi penularan dapat dilakukan. Dari gambar yang berhasil didapatkan, terlihat varian Delta menyerupai buah rambutan.

Rektorat Panggil BEM Unnes Usai Kritik Ma’ruf dan Puan

Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman.
. Foto: Instagram/Fathur Rokhman

Kritikan BEM Unnes kepada Wapres Ma’ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani berbuntut panjang. Pihak rektorat Unnes pun memanggil Ketua BEM Unnes 2021, Wahyu Suryono Pratama.

Rektorat meminta agar BEM Unnes tidak dijadikan kendaraan politik atau oposisi. Karena itulah, pihak rektorat meminta postingan kritik di akun IG-nya ditarik terlebih dahulu.

Comments are closed.