5 Bek yang Bisa Pindah Klub Usai Euro 2020, Ada Pemain Real Madrid

Pemain Timnas Spanyol, Pau Torres (kanan). Foto: David Ramos/Pool/REUTERS

Bursa transfer musim panas 2021 diprediksi tetap seru untuk disimak, meski pandemi COVID-19 belum usai. Setelah Euro 2020, ada sejumlah bek yang mungkin berganti klub, termasuk pemain tim besar macam Real Madrid.

Beberapa klub besar butuh penyegaran untuk kembali bersaing di papan atas. Terutama, jika klub-klub tersebut gagal meraih gelar di musim 2020/21.

Untuk mewujudkan target di musim baru, sejumlah klub perlu memperkuat pertahanannya. Boleh jadi, mereka akan melepas bek lama dan digantikan dengan bek baru.

Berikut ini, dengan dikutip dari Sportskeeda, kami paparkan lima bek tengah yang bisa jadi akan mendapat klub baru setelah Euro 2020. Siapa saja?

1) Pau Torres

Pemain Timnas Spanyol, Pau Torres (kanan). Foto: Jose Manuel Vidal/Pool/REUTERS

Pau Torres sudah 5 kali (3 kali starter, 2 kali pengganti) turun laga membela Spanyol di Euro 2020. Berdasarkan WhoScored, ia menonjol dalam duel udara (1,8 per laga) dan sapuan (1,2 per laga) serta sudah mencetak satu gol di Euro 2020.

Penampilannya bersama Villarreal mencuri perhatian. Transfermarkt menyebut bahwa Torres memiliki nilai pasar sebesar 50 juta euro (sekitar Rp 862 miliar).

Pakar transfer bernama Dean Jones menyebut bahwa Manchester United (MU) sedang memantaunya. Di sisi lain, Real Madrid juga butuh bek tengah baru sebagai pengganti Sergio Ramos yang hengkang.

2) Sven Botman

Sven Botman. Foto: Twitter/@Ligue1_ENG

Sven Botman menjadi satu-satunya nama dalam daftar ini yang tak berpartisipasi di Euro 2020. Walau begitu, permainan bek 21 tahun ini sangat menonjol dan menjadi salah satu kunci sukses Lille menjuarai Liga Prancis 2020/21.

Lille bahkan lebih memprioritaskannya ketimbang bek yang jauh lebih senior seperti Jose Fonte, yang dipanggil Portugal untuk Euro 2020. Nyatanya, performa Botman nyatanya lebih berpendar.

Pakar sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, menyebut bahwa bek Belanda ini sedang menjadi incaran klub-klub Liga Inggris dan Atalanta. Transfermarkt menyebut harganya di sekitar 28 juta euro (sekitar Rp 482 miliar).

3) Jules Kounde

Pemain Prancis Jules Kounde bereaksi saat pertandingan melawan Portugal di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Rabu (23/6). Foto: BERNADETT SZABO/POOL/AFP

Jules Kounde hanya bermain sekali di Euro 2020, yakni tampil 90 menit saat Prancis meraih hasil imbang 2-2 kontra Portugal di fase grup. Posisi aslinya adalah bek tengah, tetapi kala itu ia bermain sebagai bek kanan, sehingga kurang maksimal.

Kelebihan bek 22 tahun ini adalah mampu bermain dengan tenang, mahir memotong umpan, dan jarang membuat kesalahan. Tipikal bek tengah modern.

Sevilla dulu membelinya dari Bordeaux dengan harga 25 juta euro (sekitar Rp 429 miliar). Namun sekarang, klub-klub peminatnya mungkin harus merogoh kocek tak kurang dari 60 juta euro (sekitar Rp 1,03 triliun) menurut Transfermarkt.

Fabrizio Romano melaporkan bahwa Tottenham Hotspur sedang memantaunya. Di sisi lain, menurut pakar transfer Gianluca Di Marzio, Juventus juga menginginkannya.

4) Aymeric Laporte

Pemain Spanyol Aymeric Laporte berselebrasi usai mencetak gol kedua mereka di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol, Rabu (23/6). Foto: Pool via REUTERS/Marcelo Del Pozo

Aymeric Laporte merupakan sosok penting di lini pertahanan Spanyol di Euro 2020 dan selalu menjadi starter dari 5 laga. Berdasarkan WhoScored, ia menonjol dalam memenangi duel udara (2 per laga) dan sapuan (1,8 per laga) serta sudah mencetak satu gol.

Laporte sebenarnya pemain hebat, tetapi masalah cedera membuatnya terpinggirkan dari skuad Man City. Pep Guardiola bahkan kini lebih senang menduetkan John Stones dan Ruben Dias.

Transfermarkt menyebut harganya ada di kisaran 45 juta euro (sekitar Rp 776 miliar). Barcelona sebelumnya dikabarkan berminat pada Laporte, tetapi kabar terakhir dari Manchester Evening News menyatakan bahwa Blaugrana telah menarik ketertarikannya.

5) Raphael Varane

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo dan Joao Moutinho beraksi dengan Pemain Prancis Raphael Varane di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Rabu (23/6). Foto: Pool via REUTERS/Laszlo Balogh

Raphael Varane merupakan sosok penting di lini pertahanan Prancis di Euro 2020 dan selalu menjadi starter dalam 4 laga. Berdasarkan WhoScored, ia menonjol dalam memenangi duel udara (2,2 per laga) dan sapuan (5,3 per laga) serta membuat tekel sukses (1 per laga).

Varane telah menjadi salah satu benteng kokoh di pertahanan Real Madrid sejak 2011. Namun, performanya dalam dua musim terakhir tampak mengalami penurunan.

Transfermarkt menyebut harganya ada di kisaran 70 juta euro (sekitar Rp 1,2 triliun). Manchester United menjadi salah satu kandidat untuk mendatangkannya. Mereka butuh bek yang lebih baik dari Eric Bailly dan sosok yang bisa menjadi tandem Harry Maguire.

***

Comments are closed.