4 Klub Ini Bisa Jadi Rumah Baru Lionel Messi, Ada Klub David Beckham

Pemain FC Barcelona, Lionel Messi saat pertandingan La Liga Santander melawan Elche di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2021). Foto: Albert Gea/REUTERS

Lionel Messi kini tak lagi berstatus pemain Barcelona. Kontraknya dengan raksasa Liga Spanyol itu telah berakhir tepat pada 1 Juli 2021.

Mega bintang berusia 34 tahun itu kini berstatus tanpa klub atau free agent. Total, ia telah menghabiskan 7.504 hari di Barcelona saat ia pertama kali menandatangi kontraknya hingga akhirnya kini tak diperpanjang lagi.

Presiden klub Barcelona, Joan Laporta, dilaporkan telah berupaya keras untuk memperbarui kontrak Messi sebelum jatuh tempo. Namun, keduanya belum menemukan titik terang. Gagalnya penandatanganan kontrak baru ini diduga ada kaitannya dengan masalah keuangan klub.

Lantas, klub mana yang bisa menjadi pelabuhan baru bagi Messi? Mari simak ulasan berikut ini.

1) Newell’s Old Boys

Momen pada tahun 2020, para penggemar Newell’s Old Boys turun ke jalan mengungkapkan harapan mereka kepada Lionel Messi untuk melanjutkan kariernya di Rosario. Foto: AGUSTIN MARCARIAN/REUTERS

Sebelum meraih kesuksesan besar bersama Barcelona, Lionel Messi memulai kiprah sepak bolanya di Newell’s Old Boys. La Pulga menimba ilmu sepak bola di klub Argentina itu sampai umur 13 tahun, lalu hijrah ke akademi Barcelona, La Masia.

Saat tahu bahwa kontrak Messi berakhir dengan Barcelona, Newell’s Old Boys coba merayunya untuk kembali.

“Halo Leo, apakah kamu di sana? Di Argentina baru saja tanggal 1 Juli,” tulis Newell’s Old Boys di Twitter.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2018 dengan televisi Argentina, El Trece, Messi juga sempat mengungkapkan keinginannya kembali bermain untuk Newell’s Old Boys–klub yang juga pernah dibela Diego Maradona.

Selebrasi Lionel Messi mengenakan jersi Newell’s Old Boys milik Diego Maradona. Foto: REUTERS/Albert Gea

“Saya selalu mengatakan saya ingin bermain di sepak bola Argentina suatu hari nanti, saya tidak tahu apakah itu akan terjadi, tetapi saya memikirkannya,” ujar Messi.

“Itu akan terjadi di Newell’s, tidak di tempat lain. Saya ingin melakukan itu setidaknya selama enam bulan, tetapi Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” tambahnya.

2) Inter Miami

Logo klub MLS milik Beckham, Inter Miami. Foto: Inter Miami CF

Gemerlap Major League Soccer (MLS) telah menjadi magnet tersendiri bagi bintang-bintang top dunia saat hendak melanjutkan kiprahnya di lapangan hijau ketika mereka menjelang pensiun. David Beckham, Andrea Pirlo, serta Thierry Henry pernah melakukannya.

Nama yang disebut pertama bahkan kini telah memiliki klub sendiri di kompetisi sepak bola Amerika Serikat itu, yakni Inter Miami. Klub ini dinilai bakal menjadi destinasi baru Lionel Messi setelah Barcelona.

Sebab, Messi sempat mengutarakan ketertarikannya bermain di ‘Negeri Paman Sam’. Finansial yang mumpuni dan tekad kuat dari Beckham untuk mendatangkan pemain-pemain terbaik juga menjadi faktor lain. Saat ini, Inter Miami diperkuat salah satu eks rekan Messi di Timnas Argentina, yakni Gonzalo Higuain.

“David [Beckham] dan saya telah bekerja sangat keras, kami memiliki aspirasi untuk membawa pemain terbaik ke sini dan Leo Messi adalah pemain generasi ini, yang bisa dibilang pemain terbaik sepanjang masa,” ujar Co-Owner Inter Miami, Jorge Mas, dikutip melalui 90Min.

3) Manchester City

Logo Manchester City di Etihad Stadium. Foto: Reuters/Jon Super

Keberadaan Pep Guardiola di kursi kepelatihan Manchester City bisa jadi salah satu faktor kuat bagi Lionel Messi untuk melanjutkan karier bersama klub raksasa Liga Inggris ini.

Hal ini disebabkan Messi menyimpan hubungan yang ‘romantis’ bersama pelatih asal Spanyol itu ketika keduanya bekerja sama di Barcelona pada periode 2008-2012.

Tercatat, Messi dan Guardiola berhasil mengantarkan Blaugrana meraih kejayaan besar dengan menorehkan total 14 gelar dalam kurun empat tahun tersebut. Bahkan, di musim 2008/09, mereka mampu membawa Barcelona menjadi Treble Winner untuk kali pertama.

Selain faktor kedekatan dengan Guardiola, kondisi keuangan The Citizens juga cukup memadai untuk membayar gaji Messi yang selangit.

4) Paris Saint-Germain

Selebrasi pemain Paris Saint-Germain Neymar usai mencetak gol ke gawang Angers pada pertandingan lanjutan Ligue 1 di stadion Parc des Princes, Paris, Prancis. Foto: Benoit Tessier/REUTERS

Klub terakhir yang memiliki ketertarikan terhadap Lionel Messi adalah raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Gelontoran uang yang melimpah jadi faktor kuat Les Parisiens berani membayar mahal megabintang sepak bola dunia ini.

Selain itu, PSG juga didukung dengan sejumlah pemain yang pernah merumput bersama Messi. Sebut saja: Neymar Jr ketika di Barcelona, serta nama-nama penggawa Timnas Argentina, seperti Angel Di Maria dan Leandro Paredes. Diharapkan, keberadaan mereka bisa membuat Messi tertarik melanjutkan karier bersama PSG.

Di balik itu semua, kehadiran sosok Messi diyakini akan menjadi kepingan penting yang dinantikan tubuh PSG dalam mewujudkan impian merengkuh gelar Liga Champions yang selama ini selalu kandas.

Dilansir SportBible, Lionel Messi dirumorkan telah menerima tawaran ‘kontrak tiga tahun yang tak terkalahkan’ dari PSG. Isi proposalnya menjelaskan bahwa Messi akan mendapatkan kontrak awal dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun. Ia juga ditawari jersi nomor punggung 10.

Penulis: Alif Zaky Assidiqi

***

Comments are closed.