4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah

Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock

Mencuci wajah adalah salah satu bagian terpenting yang harus dilakukan demi merawat kulit wajah agar selalu tampak bersih dan sehat. Sekilas, mencuci wajah memang terkesan mudah dilakukan dan tak perlu teknik khusus. Tapi ternyata, rutinitas yang satu ini tak bisa disepelekan, lho.

Sebab sebagian dari kita mungkin masih banyak yang belum tahu kalau ada beberapa kesalahan yang kerap kita lakukan saat membersihkan wajah. Dilansir dari Forefront Dermatology, Dr. Victoria Negrete, MD, FAAD, dokter kulit asal AS, mengungkap bahwa kegiatan mencuci wajah yang tidak dilakukan dengan benar justru dapat menyebabkan berbagai permasalah kulit. Mulai dari iritasi, kulit berminyak, hingga jerawat.

Nah, untuk mengetahui kesalahan apa saja yang biasanya sering dilakukan, yuk, simak penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari Forefront Dermatology.

1. Menggunakan sabun wajah yang kurang tepat

Ilustrasi skin care. Foto: Shutter Stock

Kesalahan pertama yang biasanya terjadi adalah mencuci wajah dengan menggunakan produk yang salah. Supaya lebih tepat, pastikan kamu memilih produk yang cocok sesuai jenis kulit. Hindari produk sabun wajah yang terlalu keras agar tidak menghilangkan minyak alami pada wajah serta sel-sel kulit yang masih sehat.

Terlalu keras tak baik, terlalu gentle pun juga kurang tepat, Ladies. Sebab produk pencuci wajah yang terlalu gentle cenderung membuat kamu menggosok wajah berkali-kali. Akibatnya, kulit jadi kering dan iritasi. Oleh karena itu, Ladies, pastikan kamu menggunakan produk sabun wajah yang memiliki kandungan stabil, yakni tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Ilustrasi perempuan rajin membersihkan wajah. Foto: Shutterstock

Rutinitas mencuci muka memang dapat membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran. Namun bukan berarti kamu bisa melakukannya terlalu sering. Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari justru bisa membuat kulit mudah iritasi dan meningkatkan produksi minyak berlebih. Dampak dari dua kondisi tersebut, kulit jadi rentan berjerawat.

Oleh karena itu, pastikan kamu mencuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam. Lalu ketika mencuci wajah, usahakan tidak lebih dari dua menit agar minyak alami pada wajah tidak ikut terangkat.

3. Mencuci wajah dengan suhu air yang salah

Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. Foto: Shutterstock

Sejauh ini, sebagian dari kita mungkin masih ada yang meyakini bahwa mencuci wajah dengan air hangat baik untuk kulit. Alasannya, air hangat bisa membantu membuka pori-pori dan air dingin bisa menutupnya kembali. Padahal, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Faktanya, adalah pori-pori tidak memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup.

Maka dari itu, hindari mencuci wajah dengan air hangat agar kulit tidak kering setelahnya. Selain itu, jangan mengawali kegiatan mencuci wajah dengan air hangat dan membilasnya dengan air dingin. Perubahan suhu yang drastis bisa membuat kondisi tidak stabil dan bikin kulit kering.

4. Membilas wajah dengan terburu-buru

Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock

Kesibukan kadang membuat kita tak punya banyak waktu untuk merawat kulit. Tapi bukan berarti kamu bisa mencuci wajah dengan tergesa-gesa, ya, Ladies. Hal ini bisa membuat sisa sabun cuci muka masih menempel di wajah. Sehingga akan terjadi penumpukan residu pada kulit yang berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat kulit menjadi kering.

Untuk itu, pastikan kamu tidak terburu-buru saat membilas wajah. Pastikan tidak ada sisa busa di area wajah dan kulit tidak terasa licin karena sabun.

Penulis: Nadya Zahira

Comments are closed.