4 Alasan Melakukan Perlawanan untuk Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi Alasan Melakukan Perlawanan untuk Kemerdekaan Indonesia. (Foto: jorono by https://pixabay.com)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, diantaranya merupakan rempah-rempah yang bernilai mahal. Kekayaan tersebut menjadi daya tarik bagi bangsa-bangsa asing untuk datang ke wilayah Indonesia. Tidak hanya datang untuk membeli rempah-rempah, ternyata beberapa bangsa asing datang untuk menguasai dan menjajah Indonesia. Dalam menghadapi kedatangan serta dominasi bangsa-bangsa Barat, Indonesia melakukan reaksi perlawanan dalam bentuk yang berbeda-beda. Reaksi tersebut dilakukan dengan cara menunjukkan rasa tidak suka, menolak, atau tidak mau berhubungan dengan mereka, baik dalam bidang perdagangan maupun kebudayaan. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai alasan melakukan perlawanan.

Apakah Alasan Masyarakat Indonesia Melakukan Perlawanan?

Ilustrasi Alasan Melakukan Perlawanan untuk Kemerdekaan Indonesia. (Foto: aditiotantra by https://pixabay.com)

Bangsa Indonesia menghadapi penjajahan bangsa asing dengan peperangan serta gerakan sosial. Peperangan dilakukan secara terorganisasi, terutama oleh angkatan bersenjata milik kerajaan di suatu daerah. Dalam menghadapi peperangan, raja atau sultan sangat berperan penting untuk mengajak masyarakat ikut serta. Adapun melalui gerakan sosial, perlawanan dilakukan dengan cara protes, perusakan milik penjajah atau penguasa yang bekerja sama dengan penjajah, serta pemberontakan.

Apa saja faktor pendorong perlawanan terhadap kekuasaan kolonial? Dikutip dari buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) yang ditulis oleh Nana Supriatna, dkk (2007: 89), berikut adalah alasan melakukan perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia terhadap kedatangan dan dominasi bangsa Barat:

Sikap bangsa Barat yang ingin menguasai dan menjajah sumber daya alam serta sumber daya manusia di wilayah Indonesia.

Keinginan rakyat di berbagai daerah untuk hidup tenang sesuai dengan adat istiadat setempat seperti sebelum kedatangan bangsa-bangsa Barat.

Keinginan untuk menegakkan kedaulatan di wilayah yang dikuasainya dan tidak ingin dicampuri oleh bangsa asing.

Sistem kolonialisme dan imperialism (baik kuno maupun modern) sangat membelenggu masyarakat yang berada di bawah sistem tersebut.

Perlawanan bangsa Indonesia mengusir bangsa Barat dilakukan sejak kedatangan bangsa portugis di Indonesia. Perlawanan tersebut dilakukan oleh setiap masyarakat Indonesia yang menginginkan kemerdekaan untuk kehidupannya di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai alasan melakukan perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat! (CHL)

Comments are closed.