3 Alasan Pasangan Masih Cemburu dengan Mantan Pacar Kamu

Hubungan baru, lembaran baru.

Itulah yang diharapkan setiap pasangan yang memulai hubungan. Saling mengenal satu sama lain adalah agenda utama tiap pasangan di awal hubungan, termasuk mengetahui hubungan asmara dengan pacar sebelumnya.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi bisa menjadi masalah besar jika pasanganmu cemburu kepada mantan pacarmu.

Walaupun hubungan kalian baik-baik saja, ada alasan kenapa pasangan selalu cemburu kepada mantan-mantan kamu. Berikut 5 alasannya:

1. Kamu masih suka membicarakan mantanmu

Coba ingat lagi. Berapa kali saat kalian jalan, kamu masih menyebut mantanmu? Atau ketika kamu tertawa dan komentar saat lagu di radio memutar lagu kesukaan mantan pacarmu dulu?

Kamu mungkin merasa hal-hal tersebut sepele, tapi sebenarnya tidak. Tidak ada orang yang ingin mendengar tentang mantan pacarmu. Jangan biarkan hal-hal kecil menyakiti pasangan kamu dan menimbulkan kecemburuan padanya.

2. Adanya beban masa lalu

Ada banyak kisah yang terjadi dalam hidup seseorang, termasuk percintaan. Ada yang melihat orang tuanya bercerai, atau mendapati pasangannya berselingkuh. Hal-hal tersebut menjadi beban masa lalu yang terus dibawa ke hubungan-hubungan baru. Jika tidak diselesaikan, beban itu bisa menghancurkan hubungan yang tengah dijalani. Jadi jika pasanganmu masih cemburu dengan mantanmu, mungkin ia pernah mengalami hal buruk di masa lalu.

Maka, penting untuk saling berbagi tentang apa yang terjadi di masa lalu dan memastikan pasanganmu bahwa kamu berupaya untuk tidak menyakitinya. Hal ini bisa membantu meringankan beban pasanganmu.

3. Munculnya rasa tidak aman

Insecurities atau perasaan tidak aman terhadap diri seseorang bisa jadi salah satu penyebab pasanganmu punya rasa jealous tersebut. Pasanganmu membandingkan kekurangan dirinya dengan kelebihan mantanmu, paling sering membandingkan fisik, seperti rambutnya hitam panjang, sedangkan rambutku pendek dan tidak sehat.

Dok: Oleksandr Pyrohof (Pixabay)

Keberadaan mantan memperbesar insecurity yang dimiliki pasanganmu. Kamu dan pasangan harus sama-sama memahami bahwa mantan pacar adalah masa lalu, dan tidak perlu dibicarakan lagi, apalagi membandingkan diri dengan mantan.

Kecemburuan pasangan kamu bisa jadi awal kerusakan hubunganmu. Luangkan waktu untuk bicara dengan pasanganmu, tanyakan apa yang membuat dia cemburu, dan carilah cara untuk memperbaikinya.

Comments are closed.