3 Ajang BJJ Bergengsi di Tanah Air yang Sering Lahirkan Atlet Tangguh

Stefer Rahardian bersiap melayangkan serangan ke arah Jerome S. Paye. Foto: ONE Championship

Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) merupakan disiplin seni bela diri yang mulai sering didengar. Olahraga yang awalnya berkembang di Brasil ini merupakan pergabungan antara judo dari Jepang dan gulat.

Seni bela diri ini sudah berkembang pesat semenjak keluarga Gracie menyempurnakan kemampuan mereka melibas lawan di atas kanvas dengan kuncian licin.

BJJ kini telah menjadi salah satu cabang olah raga yang dipelajari petarung MMA di seluruh dunia dan diperlombakan dalam beberapa pertandingan bergengsi.

Di bawah peraturan Federasi Brazilian Jiu-Jitsu Interansional (IBJJF), banyak yang meluncurkan ajang menguji kemampuan atlet olahraga grappling ini. Indonesia termasuk salah satu negara yang mengadakan loba bergengsi.

Indonesia sendiri tidak kalah dalam mengembangkan banyak talenta grappler lewat turnamen berkelanjutan. Berikut adalah tiga ajang BJJ yang dianggap paling bergengsi di Indonesia:

Djarum Super Submission Challenge & Champion

Ajang ini adalah salah satu perlombaan grappling yang mengadu kemampuan atlet-atlet nusantara dengan peraturan paling straight forward – siapapun yang dapat mengunci lawan didaulat jadi pemenang.

Pertandingan ini mendorong para peserta untuk mencari celah agar mengalahkan lawan lewat pitingan atau kuncian. Para pemain tidak dianjurkan untuk menang dengan mencuri poin, yang artinya semua peserta dituntut untuk tampil ofensif sejak awal.

Banyak atlet-atlet alumni pertandingan ini yang saat ini telah menjadi atlet MMA terdepan dari dalam negeri seperti Stefer “The Lion” Rahardian dan Linda “The Arrow” Darrow.

The Bali Open

Ajang ini diadakan oleh salah satu sasana MMA terbesar di Indonesia, Bali MMA. Pemain-pemain BJJ terbaik dapat saling menguji kemampuan dengan kompetitor dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pertandingan tanpa gi ini juga mengikuti peraturan Super Submission Challenge yang mendorong para peserta untuk berlaga tanpa membuang waktu.

Dan jika peserta ingin menambah tingkat kesulitan, divisi Absolut akan memberi para penantang lawan-lawan yang tidak dibedakan oleh bobot dan level sabuk mereka.

Jakarta BJJ Open

Meski baru terselenggara pada 2019, ajang ini tidak kalah menantang bagi para pesertanya. Pertandingan yang satu ini tidak hanya menarik atlet-atlet dalam negeri, namun juga banyak talenta dari luar negeri untuk uji kemampuan.

Ajang yang diadakan oleh dBJJ Indonesia dengan kolaborasi oleh Grapple Asia merupakan salah satu ajang internasional pertama yang diadakan di Indonesia dan mengikuti peraturan Sport Jiu Jitsu International Federation (SJJIF).

Para atlet bersabuk putih sampai ungu bertanding dengan gi.

Ketiga pertandingan ini merupakan ajang pengujian bagi para atlet BJJ yang serius maupun para pemain yang ingin menyalurkan hobi.

Banyaknya atlet yang mengikuti ajang-ajang ini pastinya akan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan semua peserta, terutama yang ingin membawa level kompetisi mereka ke ranah yang lebih tinggi – seperti berlaga di ONE Championship.

Download ONE Super App untuk mengikuti perkembangan terbaru terkait ONE Championship!

Comments are closed.