2 Kelurahan di Kota Cirebon Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Kasat Narkoba Polres Cirebon Kota AKP Muhammad Ilham (kiri) saat menggelar kasus pengungkapan narkoba. (Juan)

Ciremaitoday.com, Cirebon – Polres Cirebon Kota, Polda Jawa Barat, menunjuk 2 kelurahan yakni Kelurahan Pekiringan dan Jagasatru jadi Kampung Tangguh Narkoba. Program ini, sebagai tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba.

Kasat Narkoba Polres Cirebon Kota AKP Muhammad Ilham mengatakan, pembentukan kampung tangguh narkoba menjadi harapan baru dalam pemberantasan peredaran narkoba dan menekan jumlah penyalahguna narkoba.

“Kampung ini akan menjadi harapan agar dapat lebih menekan peredaran narkoba sekaligus menyadarkan masyarakat akan bahaya narkoba,” katanya, Jumat (2/7/2021).

2 kelurahan ini menjadi pilot project untuk meminimalisir peredaran narkoba. Ke depan akan dibentuk lebih banyak lagi Kampung Tangguh Narkoba dengan mempertimbangkan kondisi kampung itu sendiri.

“Akan kami evaluasi, kelurahan lainnya pun berpotensi menjadi Kampung Tangguh Narkoba,” imbuhnya.

Menurutnya, pemberantasan narkoba tidak lagi dipusatkan pada level petugas. Masyarakat di tingkat akar rumput pun memiliki peranan penting dalam upaya tersebut, pasalnya masyarakat lebih mengerti dan mengetahui seluk beluk wilayahnya sendiri.

“Masyarakat lebih mengenal wilayahnya sendiri, mereka akan menjadi patner yang kuat dalam hal pemberantasan narkoba,” pungkasnya.

Comments are closed.