2 Bola Ada di Lapangan saat Penalti Kontroversial Inggris

Pemain Denmark Joakim Maehle melanggar pemain Inggris Raheem Sterling pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Laga semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark, Kamis (8/7) dini hari WIB, berkesudahan 2-1 untuk The Three Lions. Ada beberapa momen yang menyorot perhatian, terutama saat Inggris mendapat hadiah penalti di babak perpanjangan waktu.

Inggris sempat tertinggal lebih dulu lewat free kick indah pemain Denmark, Mikkel Damsgaard, di menit 30. Armada Gareth Southgate kemudian membalas lewat own goal Simon Kjaer di menit 39 dan Harry Kane di menit 104.

Gol Harry Kane berawal dari titik putih. Sebelumnya, Inggris mendapat hadiah penalti usai Raheem Sterling dijatuhkan di kotak terlarang. Namun, hal ini mengundang kontroversi. Banyak pihak menilai Sterling melakukan diving.

Selain itu, di momen saat Sterling terjatuh, terlihat juga ada dua bola di dalam lapangan, tak jauh dari area kotak penalti Denmark. Namun, wasit memutuskan untuk tak menghentikan permainan.

”Sterling mendapat penalti setelah dijegal Joakim Maehle dan itu merupakan keputusan yang kontroversial,” tulis laporan Sport Bible.

”Ditambah lagi, dengan fakta bahwa ada bola kedua di lapangan tepat sebelum Sterling terjatuh di dalam kotak [penalti]. Bola kedua itu tidak secara langsung mengganggu permainan, sehingga pertandingan tidak dihentikan,” lanjut mereka.

Setelah Sterling terjatuh dan Inggris dihadiahi penalti, Harry Kane maju sebagai eksekutor. Sepakan pertamanya berhasil ditepis Kasper Schmeichel, lalu ia menyambar bola rebound dan mencetak gol kemenangan Inggris.

Hasil ini membuat Inggris melangkah ke final Euro 2020. Mereka menantang Italia yang sudah lebih dulu memastikan tiket ke final usai kalahkan Spanyol.

Ini adalah kali pertama Inggris mampu menembus final Euro. Pencapaian terbaik Inggris sebelumnya adalah dua kali mencapai babak semifinal, yakni pada edisi 1968 dan 1996 silam.

Comments are closed.