11 Proyek di Jabar Dihentikan, Dialihkan untuk Obat Gratis Pasien Corona Isoman

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Agung Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6). Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan me-refocusing anggaran untuk memenuhi kebutuhan suplemen dan obat bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena corona. Selama ini, warga di Jabar yang tak bergejala atau bergejala ringan diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengaku sudah memberhentikan sementara waktu pengerjaan 11 proyek infrastruktur di Jabar dengan nilai Rp 140 miliar untuk memenuhi kebutuhan suplai obat-obatan bagi warga yang terinfeksi dan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Diputuskan hari ini 11 proyek infrastruktur saya berhentikan akan kami geser dan dana dari proyek strategis ini senilai Rp 140 miliar untuk diperbantukan kepada kedaruratan di Covid, yaitu akan mensubsidi gratis obat-obatan untuk pasien Covid yang isolasi mandiri,” kata Ridwan Kamil dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/7).

Emil mengaku banyak menerima keluhan dari warga yang kebingungan mendapatkan pangan dan obat saat menjalani isolasi mandiri.

Ilustrasi aplikasi Pikobar, Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Provinsi Jawa Barat. Foto: Melly Meiliani/kumparan

Dengan begitu, diputuskan warga yang sedang mengisolasi diri akan mendapatkan bantuan obat dan suplemen dari pemerintah. Kini, masih didata warga Jabar yang sedang menjalani isolasi lewat aplikasi Pikobar.

“Kita akan mengirimkan bantuan obat gratis dan suplemen gratis yang dananya kami ambil dari pemberhentian 11 proyek infrastruktur, mudah-mudahan membantu penanganan,” ucap dia.

Pelambatan Pemulihan Ekonomi

Tak disebut secara rinci data 11 proyek yang dihentikan oleh Emil. Namun, dia mengakui diberhentikannya 11 proyek itu akan berdampak pada pemulihan ekonomi yang sedang dilakukan. Akan tetapi, bagaimanapun dia menilai keselamatan warga merupakan yang terpenting dan harus diutamakan.

“Memang akan pelambatan dari pemulihan ekonomi tapi itu adalah konsekuensi yang harus kami lakukan karena keselamatan nyawa dari rakyat Jabar tentu jadi poin utama dan didahulukan,” ujar Emil.

“Insyaallah 11 proyek ini akan kita undur dan kita komunikasikan ke daerah yang seharusnya sudah mengerjakan pekerjaan tersebut,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun, jenis proyek yang dihentikan untuk sementara waktu yakni creative center, pusat budaya, destinasi pariwisata, alun-alun, dan jalan. Di sisi lain, ada pula 3 proyek yang nilainya dikurangi.

Ridwan Kamil nantinya akan mendata jumlah pasien corona di Jabar melaui aplikasi Pikobar. Belum dijelaskan secara detail mekanisme pendataan soal pasien isoman ini.

Comments are closed.