Viral, Beli Harddisk 2TB Online Tapi Bermasalah, Saat Dibuka Isinya Bikin Kaget

Penipuan produk yang dijual secara online sudah terlalu banyak terjadi, namun peristiwa nahas dialami seorang warganet bernama Norman. Lewat laman Facebook ia menceritakan kisahnya ditipu saat external hard driveseharga lebih dari satu juta rupiah.

TokopediaSudah seminggu lebih saya membeli 2 barang sekaligus (Hardisk Eksternal Seagate 2tb) di toko ini dengan nomor…

Dikirim oleh Norman Syah pada Minggu, 03 Mei 2020

Berdasarkan posting-nya, Norman membeli external disk merek Seagate dengan ukuran 2 terabyte. Tentunya dengan kapasitas sebesar itu, banyak sekali file, audio, dan video yang bisa disimpan untuk membebaskan beban memori di laptop.

Tapi setelah berkali-kali mencoba mengcopy data hanya sebesar 10 gb, hasilnya selalu gagal. Awalnya ia hanya berpikir bahwa hal itu karena laptopnya yang “capek” sehingga file sebesar itu dianggap terlalu berat. Namun setelah menunggu dan mencoba kembali, hasilnya tetap sama, gagal.

Karena penasaran, Norman memasukan nomor serial yang tertera untuk memeriksanya di website resmi. Perasaannya pun mulai tidak enak, karena nomor serial tersebut tidak terdaftar di situs perusahaan penjual external disk tersebut. 

Lantas, ia membuka external disk yang bermasalah itu. Mengejutkan, di dalamnya hanyalah sebuah flashdisk kecil dan pemberat. Pada gambar yang diunggahnya, terlihat external disk itu kosong, namun ketika dilihat dari luar dan kemasan boksnya memang tampak asli. Pantas saja tidak mampu mentransfer file 10 gb, barangnya palsu!

Dengan rasa kecewa, Norman melakukan komplain pada sang penjual meminta kembali uang sebesar Rp 1,6 juta yang telah ia belanjakan. Tapi sang penjual tidak mau terima dan kemudian menghiraukan protes Norman. 

Ia pun merasa putus asa karena harus menghadapi realita uangnya hangus, tapi lama kelamaan ia pun ikhlas akan musibah yang menimpanya. Kabar baiknya, keluhannya kini telah direspon Tokopedia yang telah mengembalikan uangnya itu. 

Meski demikian, toko yang menjual external disk palsu itu masih berjualan di platform e-commerce tersebut, dengan memiliki 55 rating satu bintang, dari total 467 ulasan yang diberikan.

Kisah viral ini mengingatkan kita untuk selau berhati-hati saat belanja online, mengecek reputasi penjual sebelum membeli. Jangan ragu melaporkan kenakalan penjual kepada manajemen situs belanja online.

Source : https://today.line.me/id/pc/article/Viral+Beli+Harddisk+2TB+Online+Tapi+Bermasalah+Saat+Dibuka+Isinya+Bikin+Kaget-MYW69a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *