Tunda Lapar Saat Puasa Ramadan dengan 5 Makanan Ini, Konsumsilah Saat Sahur

Liputan6.com, Jakarta- Meski saat ini umat Muslim dunia tengah menjalani ibadah puasa Ramadan, bukan berarti asupan gizi tidak terjaga. Baru-baru ini Gulf News membagikan daftar makanan yang dianjurkan dimakan selama bulan puasa.

Selain enak, makanan-makanan dalam daftar tersebut juga berigizi untuk dikonsumsi saat sahur. Selain itu juga bisa menunda rasa lapar lebih lama.

Berikut ini ulasan daftar makanan bergizi yang patut dikonsumsi selama puasa Ramadan, seperti dikutip dariGulf News, Kamis (1/5/2020):

1. Telur

Sahur dengan telur dianjurkan karena bisa menambah protein untuk tubuh. Mereka adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini dan sangat tinggi protein.

Telur adalah cara terbaik untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Telur juga bisa diolah dengan beragam cara atau dikombinasikan dengan makanan lain. Sebagai contoh, Anda dapat menikmatinya dengan cara digoreng atau dicampur dengan keju dan roti. 

Atau cobalah telur orak-arik dengan bayam dan keju yang dibungkus dengan tortilla gandum utuh untuk sahur Anda.

2. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi makanan sahur yang sempurna. Pasalnya buah ini memiliki serat yang tinggi sehingga sangat sehat untuk pencernaan.

Buah ini juga bisa mencegah kenaikan pada gula darah.

Alpukat sangat tinggi serat. Serat adalah masalah pencernaan yang dapat berkontribusi besar dalam penurunan berat badan. Manfaat lainnya adalah mereka membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari.

Ini membuat alpukat menjadi bahan yang sempurna untuk hidangan sahur.

Mengapa tidak mencoba alpukat tumbuk pada roti gandum dengan sedikit jagung dan tomat? Atau coba hidangkan alpukat dengan roti panggang sahur.

3. Kue Muffin Bran

Bran atau kulit ari adalah bagian luar yang keras dari tanaman biji-bijan/grain seperti padi, gandum, jagung, oat, barley atau millet. Merupakan bagian utama dari biji secara keseluruhan.

Bran berkontribusi untuk diet yang sehat dan mengenyangkan, jadi bisa menghindari rasa lapar dengan cepat selama puasa Ramadan.

Muffin Bran sangat enak, karena bisa dibuat dalam jumlah banyak dan dimakan beberapa kali seminggu. Anda juga dapat membekukan adonan untuk digunakan nanti.

Kombinasikan muffin dengan pisang agar rasanya lebih nikmat.

4. Kacang Fava

Kacang fava, adalah kacang kecil berwarna hijau, yang berwarna cokelat tua setelah dimasak. Mereka cukup lazim di UAE, karena Anda dapat membelinya dalam kaleng dari supermarket mana pun. Tinggal bumbui saja.

Kacang fava ini juga dapat menjadi makanan yang cocok untuk sahur. Banyak orang Arab terbiasa mengonsumsinya.

Kacang polong yang kaya nutrisi ini cukup tinggi protein dan serat serta sangat rendah lemak. Merupakan sumber makanan yang sangat baik dari banyak nutrisi penting untuk kesehatan manusia.

Mereka lezat ketika dibumbui dan dapat dinikmati dengan telur, keju atau roti.

5. Yoghurt

Greek yoghurt juga dapat menjadi makanan sahur yang sempurna. Pasalnya, makanan ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan sehat.

Merupakan cara sempurna untuk mempersiapkan puasa sehari dengan mengonsumsi Yoghurt. Jenis Greek/Yunani mengandung tinggi probiotik dan memiliki protein sedikit lebih banyak dari  yang biasa.

Sedikit protein tambahan itulah yang akan membantu Anda merasa kenyang. Greek yoghurt rendah karbohidrat dan juga membantu menjaga rasa haus.

Mengapa tidak mencoba parfait Greek yoghurt yang lezat dan mengenyangkan?

Reporter: Yohana Belinda

Source : https://www.liputan6.com/ramadan/read/4241857/tunda-lapar-saat-puasa-ramadan-dengan-5-makanan-ini-konsumsilah-saat-sahur?utm_source=Digital+Marketing&utm_medium=Partnership&utm_campaign=Line

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *