Tips Dasar Foto Fashion, Cocok buat yang Baru Belajar

Jakarta – 

Perencanaan menjadi aspek vital dalam melakukan foto fashion. Fotografer yang punya konsep pemotretan matang dapat menghasilkan foto yang berkarakter. Buat yang baru belajar fotografi fashion, berikut ini tipsnya.

Fotografer fashion Ryan Tandya mengatakan, dalam memotret fashion tidak ada standar baku soal teknik pengambilan gambar. Angle, pencahayaan, dan komposisi semuanya tergantung pada selera masing-masing orang.

Langkah pertama yang mesti dilakukan sebelum memotret fashion, yaitu menentukan pesan yang hendak disampaikan lewat medium visual. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan seakan menceritakan tentang tema dan karakteristik fashion yang dikenakan model.Advertisement

“Sebenernya kalau pakem (fotografi fashion) menurut saya nggak ada. Lebih kepada kita mau bikin apa, mau menyampaikan apa, lalu dibuat tema yang sesuai,” jelas Ryan kepada detikINET.

Pengambilan angle pun sifatnya personal, tergantung keinginan fotografer atau orang yang memesan foto tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, perlu adanya kesepahaman antara fotografer dengan model.

“Kalau soal pose, saya komunikasikan ke modelnya saya mau moodnya seperti apa, baru nanti dia ada interpretasi sendiri dari yang saya sampaikan itu. Dari situ saya akan tambahkan beberapa direction lagi,” imbuh Ryan.

Untuk mendapatkan hasil foto yang estetik, beber Ryan, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memadukan angle dengan setelan pencahayaan. Perangkat pencahayaan tidak hanya difungsikan untuk membuat gambar terlihat terang, tapi juga dapat memberikan efek visual yang sesuai dengan tema.

Misalnya, untuk meng-highlight sisi sebelah kiri dari fashion yang digunakan, cahaya diarahkan sebelah kiri sehingga didapatkan kontras antara kedua sisi. Menurut Ryan, tidak ada teknik khusus dalam penggunaan perangkat lighting.

Ia menambahkan, fotografi fashion juga bisa dilakukan dengan ponsel. Kunci agar bisa mendapatkan hasil yang baik yaitu konsep yang jelas dan komunikasi yang baik dengan model, dan tentunya kualitas kamera smartphone yang mumpuni.

“Untuk mengoptimalkan hasilnya (foto dengan ponsel), kita harus tahu mau bikin apa, (selain itu) kita harus punya smartphone yang fitur-fiturnya cukup untuk bisa menghasilkan gambar yang kita ingin capai. Jadi (kunci mendapatkan foto bagus), perencanaan, komunikasi, dan alat yang memadai,” ujar Ryan.

Salah satu ponsel yang punya kualitas kamera memukau ialah OPPO Reno3. Ponsel tersebut memiliki kamera utama dengan resolusi kamera 108 MP, didukung 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono.

Ryan sudah menggunakan OPPO Reno3 untuk memotret model Cinta Laura Kiehl dan Yoshi Sudarso. Adanya mode profesional, menurutnya, membuat hasil foto lebih memuaskan.

“Biasanya kamera handphone kalau foto semuanya otomatis. (OPPO Reno3) lumayan bisa diatur, ISO berapa, (shutter) speed berapa, dan semuanya jadi lebih leluasa buat mengambil gambarnya,” kesan Ryan.

OPPO memberikan kemudahan untuk pemesanan perangkat dan layanan konsultasi personal produk melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0815-955-0000. Konsumen dapat menanyakan informasi seputar produk favorit yang ingin dibeli, memilih opsi pengiriman dan pembayaran, kemudian produk akan diantarkan ke rumah secara gratis setelah melakukan pembayaran.

Source : https://inet.detik.com/fotostop-news/d-4967653/tips-dasar-foto-fashion-cocok-buat-yang-baru-belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *