Terganggu Notifikasi WhatsApp, Ini Cara Gunakan Fitur Mute

Sebagai salah satu aplikasi pesan instan populer di dunia, WhatsApp telah membantu miliaran pengguna untuk saling terhubung. WhatsApp pun terus berupaya merilis fitur mutakhir agar bikin penggunanya betah dan nyaman saat berkomunikasi antarsesama.

Berdasarkan riset Statisca dikutip Selasa (4/8/2020), WhatsApp mengemas dua miliar pengguna aktif bulanan (MAU) per Maret 2020. Angka ini berlipat ganda bila dibanding per Februari 2016 silam dengan satu miliar MAU.

Agar penggunanya tak berpaling ke platform lain, Facebook sebagai pemilik WhatsApp, pun berinovasi terkait fitur, salah satunya “membisukan” obrolan, baik itu pribadi maupun grup, sehingga tak mengganggu kenyamanan saat chat.

WhatsApp tak pernah 100 persen “membisukan” obrolan di aplikasinya, lantaran opsi ini hanya untuk mute notifikasi saat pesan baru muncul pada obrolan terpilih, sebagaimana dijelaskan WhatsApp di laman FAQ.

“Anda dapat membisukan notifikasi chat individual atau grup untuk jangka waktu tertentu,” penjelasan WhatsApp.

“Anda akan tetap menerima pesan yang dikirim ke chat individual atau grup tersebut, tapi telepon Anda tidak akan bergetar atau berbunyi ketika pesan diterima,” tulis WhatsApp di penjelasan lainnya.

Berikut cara untuk mute notifikasi untuk pesan yang mengganggu, baik itu obrolan pribadi maupun grup:

  1. Pilih jendela chat individual atau grup Tekan Opsi > Bisukan (Mute)
  2. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi
  3. Tekan OKE

Terkait poin nomor 3, WhatsApp menyediakan fitur mute untuk durasi maksimal satu tahun, di samping dua opsi durasi waktu lainnya, yaitu delapan jam dan satu pekan.

Selain tips di atas, ada cara alternatif lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka jendela chat individual atau grup
  2. Tekan Opsi > Lihat kontak atau Info grup > Bisukan notifikasi
  3. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi
  4. Kemudian tekan OKE

Bila ingin mengaktifkan kembali notifikasi pada obrolan terpilih, caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih jendela chat individual atau grup
  2. Tekan Opsi > Bunyikan (Unmute)

Tips unmute obrolan WhatsApp ini juga punya cara alternatif, yaitu dengan membuka chat individual atau grup lalu tap Opsi > Lihat kontak atau Info grup kemudian tap Bisukan notifikasi dan pilih Tidak ada.

Whatsapp juga telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, yaitu versi 2.20.201.10 dengan membawa empat fitur baru, salah satunya fitur ‘selalu bisukan’ atau mute selamanya.

Dikutip dari laman WABetaInfo, Sabtu (3/10/2020), pembaruan tersebut akan memungkinkan sejumlah pengguna, yang mengikuti program beta WhatsApp, untuk memilih ‘Always Mute,’ opsi baru yang menggantikan pilihan “1 tahun” bisukan notifikasi chat.

Fitur baru ini memberikan kesempatan  pengguna WA untuk membisukan notifikasi chat selamanya.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga menyembunyikan tombol panggilan suara dan video untuk chat milik akun bisnis yang telah terverifikasi. WhatsApp bahkan menghilangkan info kontak dalam fitur baru tersebut.

Meski begitu, tombol-tombol tersebut masih tersedia jika ikon profil diketuk dalam chat dan daftar kontak. Tidak diketahui pasti apakah hal itu disengaja atau tidak, yang pasti tombol panggilan tidak tersedia untuk akun bisnis terverifikasi di dalam chat.

Dalam pembaruan 2.20.201.9 sebelumnya, WhatsApp telah mulai merilis UI “Storage Usage” atau Penggunaan Penyimpanan dan alat-alatnya, namun tidak semua pengguna beta mendapatkan pembaruan tersebut.

Setelah menginstal pembaruan 2.20.201.10, beberapa pengguna kini dilaporkan menerima pembaruan dari fitur penggunaan penyimpanan.

Fitur tersebut menghadirkan bar penyimpanan yang memungkinkan pengguna melihat “bobot” file secara langsung, sehingga dapat mengetahui porsi yang diambil dalam ruang file media.

Fitur baru lainnya yang sedang diuji coba WhatsApp adalah ‘Media Guidelines’ atau Panduan Media, yang dengan mudah memungkinkan pengguna untuk meluruskan dan menyelaraskan stiker dengan teks saat mengedit gambar, video dan GIF.

Terlepas dari uji coba, WhatsApp belum diketahui kapan bakal merilis fitur terbaru ‘mute’ selamanya tersebut secara resmi.

Sumber: tirto.id, bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *