Setahun Dipenjara Tanpa Dakwaan, Kondisi Putri Kerajaan Arab Saudi Memburuk

RIYADH, KOMPAS.com – Setahun setelah mendekam di penjara tanpa dakwaan, kesehatan putri kerajaan Arab Saudi dikabarkan memburuk dan memunculkan kekhawatiran dirinya tertular Covid-19.

Putri Basmah binti Saud (56) yang sejak lama dipandang sebagai pendukung hak-hak perempuan, mulai menghilang secara misterius dari hadapan publik sejak Maret tahun lalu.

Namun bulan lalu akun Twitter-nya mendadak aktif lagi dengan sepucuk surat dari sang putri yang mengklaim dirinya “diculik” dan “dijebloskan ke penjara” bersama putrinya yang berusia 28 tahun, Suhoud al-Sharif.

Mereka telah memohon bantuan ke Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, tapi belum ada tanggapan.

Surat itu menyuarakan kekhawatiran bahwa “kesehatannya memburuk” di penjara al-Ha’ir, Riyadh, yang dilengkapi sistem keamanan tinggi. Sebab, penjara itu menampung para narapidana terorisme dan tahanan politik.

Namun beberapa jam kemudian tweet itu dihapus.

Salah dua sumber yang dekat dengan keluarga itu mengatakan pada jurnalis AFP bahwa akun itu telah diretas oleh “seseorang di Arab Saudi”.

“Sejak tweet itu, tidak ada kontak lagi; tidak ada tanda-tanda sang putri atau Suhoud,” kata seorang sumber.

“Tidak ada lagi panggilan telepon, tidak ada apa-apa.”

Ketakutan keluarga semakin diperkuat oleh kemungkinan wabah virus corona telah menembus penjara al-Ha’ir.

Saat diizinkan melakukan satu panggilan telepon mingguan sebelum tweet itu, Suhoud mengatakan kepada keluarganya bahwa otoritas penjara telah membunyikan peringatan bahwa virus corona telah terdeteksi di dalam fasilitas.

Seorang pegawai penjara secara terpisah mengonfirmasi kepada keluarga sang putri bahwa ada beberapa kasus Covid-19 di al-Ha’ir.

Pihak berwenang di Arab Saudi, yang telah melaporkan lebih dari 25.000 kasus Covid-19, sejauh ini belum menanggapi hal tersebut.

Pemerintah juga tidak mengatakan apa pun kepada khalayak tentang penahanan sang putri.

Putri Basmah menderita banyak masalah kesehatan termasuk osteoporosis dan masalah pencernaan akut, menurut catatan medis yang dilihat oleh AFP.

Sejumlah sumber mengatakan dirinya ditolak menjalani perawatan medis di penjara.

Penahanannya di penjara belum pernah terjadi sebelumnya di Arab Saudi, karena biasanya anggota keluarga kerajaan ditahan sebagai tahanan rumah atau ditahan di villa maupun hotel mewah.

Source : https://www.kompas.com/global/read/2020/05/05/140731570/setahun-dipenjara-tanpa-dakwaan-kondisi-putri-kerajaan-arab-saudi?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *