Kritik Pedas Joko Anwar untuk Kerumunan saat Penutupan McD Sarinah

JawaPos.com – Sutradara Joko Anwar melayangkan kritikan keras kepada masyarakat yang melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat McDonald’s Sarinah ditutup pada Minggu (10/5). Kritikan tersebut Joko Anwar lontarkan lewat akun Twitter resminya.

Dalam foto yang diposting Joko Anwar, terlihat banyak sekali orang yang hadir pada malam penutupan restoran itu secara permanen. Mereka tidak menghiraukan anjuran pemerintah untuk melakukanphysical distancing guna memutus rantai penyebaran virus korona atau Covid-19.

“McD Sarinah adalah tempat spesial dalam benak kita, tapi apakah pertemuan seperti ini di tengah pandemi benar-benar diperlukan? Tempat itu memang menyisakan kenangan manis. Tapi ini benar-benar tindakan tuli,” tulis Joko Anwar di Twitter.

Sutradara film Pengabdi Setan dan Perempuan Tanah Jahanam itu kesal karena menganggap tindakan ini sangat tidak menghargai rakyat kecil telah mengorbankan penghasilannya raib demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Padahal penghasilan mereka sangat bergantung pada pekerjaan harian yang mereka kerjakan.

“Yang melanggar PSBB, maksain kumpul-kumpul rame-rame, gak jaga jarak, gak pake masker, memperbesar peluang Covid-19 menyebar artinya tidak menghargai pengorbanan dan penderitaan rakyat kecil yang kena dampak pandemi. Banyak yg udah kelaparan, dan elo mikirin kesenangan lo doang,” lanjut Joko Anwar.

Banyak orang pada kesempatan itu mengabadikan momen penutupan McDonald’s Sarinah menggunakan kamera handphone. Tindakan yang dilakukan orang-orang ini, disebut sutradara 44 tahun itu, tidak lebih baik dari prank sampah Ferdian Pelaka yang mereka hujat.

“Dan elo kumpul-kumpul, ngeluarin hape rekam video, buat apa? Buat sosmed? Dan elo menghujat orang yang bikin prank sampah demi konten? Seriously? Bedanya, perbuatan elo punya potensi bunuh banyak orang,” sambung Joko.

Joko Anwar sangat menyesalkan aksi kerumunan banyak orang tersebut. Jika masyarakat tetap seperti ini, dia pun memprediksi pandemi virus korona atau Covid-19 tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

“Mau#DiRumahAja 10 tahun sampe orang cuman bisa makan batu sama tanah pun nggak bakal kelar penyakit ini kalo gini caranya. Kemana sih pikiran dan hati nuraninya?” tulis Joko Anwar.

“Mending elo teriak: “Fakyu tenaga medis! Fakyu rakyat yang kelaparan!” terus yang kumpul bareng elo bersorak tepuk tangan mengamini. Sama aja itu,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *