Amerika Serikat Akan Usir Mahasiswa Asing, Bagaimana Nasib Maudy Ayunda?

Aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda saat ini masih berada di Amerika Serikat. Ia tengah menempuh pendidikan magister di Stanford University.

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa Amerika Serikat mengeluarkan kebijakan yang akan meminta mahasiswa asing untuk angkat kaki dari negaranya.

Perintah tersebut berlaku bagi mahasiswa asing yang perkuliahannya dilakukan secara daring (online). Kebijakan itu dikeluarkan oleh Badan Penegak Bea Cukai dan Imigrasi AS (ICE) pada 6 Juli 2020 lalu.

Maudy Ayunda di asrama kampusnya di Amerika Serikat. Foto: Dok. Muren Murdjoko Jasmedi

Lantas, bagaimana dengan nasib Maudy Ayunda saat ini?

“Lagi proses surat menyurat. Menunggu keputusan kampus,” kata ibunda Maudy Ayunda, Muren Murdjoko Jasmedi, saat dihubungi kumparan, Kamis (9/7).

Muren kemudian bercerita bahwa selama beberapa waktu belakangan ini, Maudy Ayunda menjalani perkuliahan secara daring. Kendati demikian, ia belum tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

“Selama spring quarter di pandemi ini online semua. Ke depannya seperti apa, kami masih menunggu keputusan kampus,” ujarnya.

Ibunda Maudy Ayunda juga belum bisa memastikan apakah pemain film Habibie & Ainun 3 tersebut akan kembali ke Indonesia atau tidak. Sebab, akan sulit rasanya apabila menjalani perkuliahan dari sini.

“Karena sebetulnya dengan adanya perbedaan waktu, berat untuk kuliah online dari Indonesia. Jadi harus begadang setiap hari dan jadi khawatir mempengaruhi kesehatan juga,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muren menjelaskan soal kondisi Maudy Ayunda saat ini. Ia menerangkan bagaimana tempat tinggal Maudy selama berada di Amerika Serikat.

“Dia tinggal di asrama kampus, yang berhalaman luas dan sangat terisolasi. Jadi seperti di dalam buble ya. Kalau keluar rumah karena luas halamannya bisa sangat berjarak,” ucap Muren.

“Di ruang makan juga. Makanan dan buah-buahan sudah siap dikemas bisa dibawa ke taman seperti piknik atau juga boleh makan di ruang masing-masing,” imbuh ibunda Maudy Ayunda seraya menutup perbincangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *